Tentang IBM

IBM & PT SMI Bangun Sumur Bor dan PLTS untuk Meningkatkan Kualitas Sanitasi dan Fasilitas Air Bersih di Desa Tadho, NTT

Warga Kampung Bajo, Desa Tadho, Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada, NTT bersama Zulfa dari Insan Bumi Mandiri merayakan peresmian Sumur Bor dan PLTS untuk Meningkatkan Kualitas Sanitasi dan Fasilitas Air Bersih di Desa Tadho, pada 14 Mei 2024.

Bandung, 20 Mei 2024 – Yayasan Insan Bumi Mandiri bersama mitra pendanaan, PT Sarana Multi Infrastruktur, telah meresmikan program bantuan sumur bor, sanitasi layak, dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Kampung Bajo, Desa Tadho, Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada, NTT.  

Sebelum program pembangunan ini dilakukan, di Kampung Bajo hanya ada satu buah sumur galian yang digunakan untuk umum, tetapi airnya asin karena letaknya yang dekat dengan pantai. Kondisi ini membuat warga harus membeli air bersih seharga Rp80.000 sampai Rp160.000 per tangki setiap pekannya untuk minum, mencuci, dan mandi.

Selain itu, warga juga masih minim pengetahuan tentang pentingnya air bersih dan sanitasi yang baik. Akhirnya tak jarang timbulnya penyakit yang menjangkit mereka seperti diare, gatal kulit, dan gigi rusak. 

Yayasan Insan Bumi Mandiri merancang program pembangunan sumur ini untuk meningkatkan kualitas sanitasi yang baik dan layak. Selain pembangunan fasilitas air bersih dan sanitasi layak, pemberian edukasi dan penyuluhan juga dilakukan agar terciptanya kesadaran dalam kebersihan diri dan lingkungan. 

Acara peresmian ini dihadiri oleh Zulfa Faizah Musyahidah selaku CEO Insan Bumi Mandiri, Bapak Kasmin Belo S. Sos sebagai Camat Riung, Pak Saparudin sebagai Kepala Desa, dan sejumlah tokoh masyarakat. “Air adalah kekbutuhan inti manusia. Ini bukan hanya penyediaan fasilitas, harapannya Mamak dan Bapak bisa mengubah pola hidup lebih sehat juga,” pesan Zulfa kepada masyarakat. Pak Kasmin kemudian menyambut pesan tersebut, “Tentu, tanggung jawab kami (warga) setelah dibangunkan fasilitas air bersih oleh PT SMI adalah menjaga keberlanjutannya.”

Sumber energi yang digunakan untuk mengoperasikan pompa air pada sumur menggunakan tenaga PLTS sebagai sumber energi yang bersih dan terbarukan sehingga tidak menggunakan jaringan listrik konvensional sama sekali. PLTS ini juga digunakan sebagai sumber energi untuk penerangan di MCK. Penggunaan PLTS didasari atas kesadaran menggunakan energi yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. PLTS membantu mengurangi jejak karbon dengan menggunakan energi matahari, yang merupakan sumber energi bersih. Ini membantu dalam mengurangi penggunaan bahan bakar fosil dan emisi gas rumah kaca.

Peresmian sumur bor, sanitasi layak, dan PLTS  ini sekaligus untuk memenuhi poin pada SDGs nomor 6 mengenai ‘Clean Water and Sanitation’, nomor 7 mengenai ‘Affordable and Clean Energy’, dan nomor 17 mengenai ‘Partnerships for the goals’. 

Program pembangunan ini dilaksanakan selama delapan bulan, dari bulan Oktober 2023 dan selesai di bulan Mei 2024. Sebanyak 236 jiwa dari 66 KK terbantu dan sangat berterima kasih atas hadirnya bantuan fasilitas dan edukasi ini.

Yayasan Insan Bumi Mandiri berkomitmen untuk terus berinovasi dan berkolaborasi demi kesejahteraan masyarakat. Melalui dukungan dan kemitraan, Insan Bumi Mandiri berharap dapat menciptakan perubahan positif yang berkelanjutan di berbagai wilayah di Indonesia. Insan Bumi Mandiri menawarkan berbagai pilihan program yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan setiap instansi atau perusahaan yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan CSR mereka.

Tentang Insan Bumi Mandiri

Insan Bumi Mandiri (IBM) merupakan sebuah lembaga filantropi yang bergerak dalam pemberdayaan masyarakat untuk membangun pedalaman Indonesia. Berdiri sejak 2016, IBM telah berhasil menyelenggarakan lebih dari 1.000 program dan membantu lebih dari 170.000 masyarakat pedalaman Indonesia. Kami selalu percaya, langkah kecil bersama Anda akan menciptakan jejak kebaikan untuk saudara-saudara kita di pedalaman. Berbagai persoalan, seperti akses transportasi, infrastruktur, kesehatan, ekonomi, dan pendidikan bisa kita benahi bersama. Informasi lengkap bisa dilihat di insanbumimandiri.org.