Rilis

Insan Bumi Mandiri Ajak Masyarakat Bantu Krisis Pangan untuk Wilayah Terdampak Kekeringan

kekeringan dan krisis pangan

Bandung, 23 Oktober 2023 – Krisis atas dampak kekeringan yang saat ini melanda Indonesia bukan lagi sekadar masalah air belaka, tetapi juga menjadi bencana yang meluas ke sektor pangan dan ekonomi. Di berbagai wilayah yang terpapar, ribuan orang menderita, yang pada awalnya sudah kesulitan memenuhi kebutuhan dasar mereka menjadi semakin sengsara.

Kekeringan telah melanda wilayah-wilayah Indonesia, seperti Provinsi Jawa Barat, Banten, Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Bali, Sulawesi Selatan, Gorontalo, dan Nusa Tenggara Timur. Hingga akhir September 2023, lebih dari 166.415 orang telah merasakan dampaknya.

Di daerah Timor Tengah Selatan, NTT, bahkan terdapat sungai yang surut hingga kini menjadi sebuah daratan. Perkampungan yang terletak di seberang sungai, bisa diakses melewati sungai kering tersebut. Jalanan pun gersang dan penuh debu. Musim kemarau yang tak kunjung berakhir telah menguras sumber air, mengeringkan tanaman, dan mengakibatkan kesulitan besar dalam memenuhi kebutuhan pangan.

Produksi pertanian mengalami penurunan yang signifikan, harga-harga pangan melonjak, dan menciptakan kesulitan dalam mendapatkan bahan makanan pokok. Situasi ini juga berdampak pada stabilitas ekonomi di berbagai daerah.

Meskipun pemerintah dan lembaga bantuan telah berusaha memberikan pertolongan, kebutuhan masih sangat besar. Insan Bumi Mandiri, lembaga sosial yang berdedikasi untuk pemberdayaan daerah 3T (Terpencil, Terdepan, Terluar) di Indonesia, mengajak seluruh masyarakat di negeri ini untuk bersatu, memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak. 

“Dampak krisis pangan ini sangat mengkhawatirkan. Anak-anak dan lansia bisa mengalami masalah gizi yang serius, sementara banyak keluarga terpaksa mengurangi asupan makanan mereka. Dengan memberikan bantuan pangan dan memberikan dukungan moral, kita dapat memberikan harapan kepada mereka yang sedang berjuang dalam situasi yang sangat sulit ini.” jelas Zulfa, CEO Insan Bumi Mandiri.

Insan Bumi Mandiri telah merancang Program Pangan Aman untuk membantu masyarakat yang terdampak mengatasi krisis ini. Program ini bertujuan untuk memberikan bantuan pangan yang memadai kepada yang membutuhkan, sehingga semua orang dapat bersama-sama mengurangi dampak krisis pangan yang sedang melanda.

Dengan demikian, Insan Bumi mandiri mengajak seluruh pihak yang mengetahui informasi ini untuk berkontribusi dalam program ini. Informasi lebih lanjut mengenai program “Pangan Aman” dapat diakses melalui website www.insanbumimandiri.org atau Instagram @insanbumimandiri.

Tentang Insan Bumi Mandiri
Insan Bumi Mandiri (IBM) merupakan sebuah lembaga filantropi yang bergerak dalam pemberdayaan masyarakat untuk membangun pedalaman Indonesia. Berdiri sejak 2016, IBM telah berhasil menyelenggarakan 1.004 program dan membantu lebih dari 163.792 masyarakat pedalaman Indonesia. Kami selalu percaya, langkah kecil bersama anda #SahabatPedalaman, akan menciptakan Jejak Kebaikan untuk saudara-saudara kita di pedalaman. Berbagai persoalan, seperti akses transportasi, infrastruktur, kesehatan, dan pendidikan bisa kita benahi bersama. Informasi lengkap bisa dilihat di insanbumimandiri.org

Narahubung
081383187107 (Diana)
[email protected]