Kesehatan

Ciri-Ciri Penyakit Jantung yang Patut Diwaspadai

ciri dari penyakit jantung

Tahukah Sahabat? Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang menjadi penyebab kematian nomor satu di dunia. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), sebanyak 17 juta orang lebih di dunia yang meninggal karena penyakit ini. Sedangkan di Indonesia, jumlah penderitanya mencapai 2.784.064 pada tahun 2018 atau 15 dari 1000 orang (Data Riset Kesehatan Dasar /Riskesdas).

Meskipun berbahaya, masyarakat ternyata masih mengabaikan ciri-ciri penyakit jantung yang biasanya dianggap sebagai penyakit biasa karena tidak begitu mengganggu. Padahal, apabila kita tidak mewaspadainya, bisa jadi kondisinya akan bertambah parah sehingga lebih susah diatasi.

Pentingnya Sikap Waspada

Bicara mengenai waspada bukan berarti takut dan justru malah membuat kita menjadi cemas. Justru pada saat waspada kita akan dapat melakukan berbagai upaya preventif agar dapat mengurangi risikonya.

Sahabat, berikut adalah 10 ciri-ciri penyakit jantung yang harus kita waspadai:

1.    Mudah Lelah

kenapa tubuh saya mudah lelah

Umumnya, rasa lelah akan muncul ketika kita melakukan aktivitas berat seperti berolahraga, mengangkat beban, dan lain sebagainya. Akan tetapi, jika Sahabat merasakan lelah secara tiba-tiba dan tanpa alasan, ada kemungkinan Sahabat mengalami penyakit jantung. Apalagi, rasa lelah yang dirasakan lebih parah dari yang biasanya dirasakan.

2.    Nafas Sering Tersengal

kenapa nafas saya sering tersengal

Tidak jauh berbeda dengan ciri-ciri penyakit jantung yang pertama, kita mengalami kondisi ini juga ketika sedang melakukan aktivitas berat. Namun, jika saat menjalani aktivitas ringan Sahabat juga mudah tersengal nafasnya, bisa jadi ini adalah gejala awal dari penyakit jantung.

3.    Seringkali Muntah

penyebab saya sering muntah

Kondisi medis di mana seseorang merasa ingin muntah disebut juga dengan Nausea. Tidak semua orang yang mengalami kondisi ini menjadi ciri-ciri penyakit jantung. Namun, Sahabat tetap disarankan untuk mewaspadainya karena nausea termasuk gejala awal penyakit jantung.

4.    Nyeri Dada

penyebab dan cara mengatasi nyeri dada

Ciri-ciri penyakit jantung ini merupakan yang paling sakit dirasakan. Nyeri dada merupakan gejala paling umum yang sering dialami. Adapun bentuk gejalanya berbeda-beda setiap orang. Ada yang merasa dadanya seperti terbakar, ada pula yang merasa dadanya seperti ditimpa benda berat. 

Kondisi medis ini terjadi karena jantung tidak mendapatkan suplai oksigen yang cukup. Biasanya saat kebutuhan oksigen meningkat, seperti saat sedang berlari atau jogging.

Baca Juga: Masalah Kesehatan yang Dialami Remaja Indonesia

5.    Sesak Nafas

Saat sesak nafas apa yang harus dilakukan?

Sesak nafas merupakan kondisi di mana seseorang merasa kesulitan dalam bernafas. Seperti saat sedang melewati kepulan asap dari api. 

Meskipun wajar terjadi, ada beberapa hal yang bisa menjadi ciri-ciri penyakit jantung, yaitu ketika sesak nafas yang dialami tiba-tiba terjadi padahal sedang tidak melakukan apa-apa. Bisa juga sesak nafas yang dialami semakin hari semakin memburuk.

6.    Nyeri Pada Bagian Tubuh Tertentu 

penyebab nyeri pada bagian tubuh tertentu

Tubuh kita ibarat kumpulan sistem rumit yang ketika satu bagian sakit maka bagian tubuh lainnya akan memberikan sinyal tertentu. Sebagaimana yang terjadi ketika kita mengalami penyakit jantung, maka dapat memicu saraf di bagian tubuh lainnya. Seperti nyeri di lengan, punggung, dan juga rahang.

7.    Batuk 

tips mengobati batuk

Batuk adalah mekanisme pada tubuh untuk mengeluarkan benda asing yang dapat berpotensi mengganggu saluran pernafasan. Meski berkaitan erat dengan sistem pernafasan, batuk kronis yang terjadi juga bisa menjadi ciri-ciri penyakit jantung. 

8.    Mudah Pingsan

alasan saya mudah pinsan

Pingsan sangat berhubungan erat dengan jantung. Secara etimologis, penyakit yang biasa disebut dengan syncope ini disebabkan oleh gangguan pada dinding jantung sehingga detak jantung tidak beraturan.

9.    Suka Mendengkur

suka mendengkur? waspadai

Di antara Sahabat adakah yang seringkali mendengkur saat tidur? Ternyata, dalam kondisi tertentu dengkuran merupakan sinyal bahwa tubuh sedang tidak baik-baik saja, yaitu ketika terputusnya nafas ketika tidur atau biasa disebut dengan Obstructive Sleep Apnea

Penelitian menyebutkan, orang yang mengalami sleep apnea mempunyai resiko terkena penyakit jantung 40 lebih tinggi dari yang tidur tanpa mendengkur.

10.    Pembengkakan di Kaki

kaki mengalami pembengkakan

Ciri-ciri penyakit jantung selanjutnya adalah terjadi pembengkakan di kaki, baik itu pergelangan atau punggung kaki. Hal ini terjadi karena tidak optimalnya jantung dalam memompa darah, sehingga aliran darah menjadi terhambat.

Saat kondisi ini terjadi, darah yang tertahan di kaki akan membuat cairan bertumpuk dan tampak jelas di punggung kaki dan juga pergelangan kaki. Namun, tidak menutup kemungkinan pembengkakan akan merembet ke bagian tubuh yang lain.

Itulah 10 ciri-ciri penyakit jantung yang patut Sahabat waspadai. Jika menemukan salah satu atau lebih penyakit-penyakit tersebut, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter agar mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Sahabat, meski sudah berusaha menghindarinya, ada saudara kita yang diberi ujian berupa penyakit jantung. Klik di sini untuk membantu mereka.

saatnya bantu mereka yang membutuhkan uluran tangan kita