Rilis

Cerita Kebaikan di Bulan Mei: Dek Ulya Sudah Bisa Bermain hingga Warga yang Bahagia Masjidnya Dibangun

insan bumi mandiri

Bulan baru, waktunya kisah kebaikan baru. Puji syukur, bulan ini masih banyak kebaikan yang sampai hingga ke pedalaman. Semoga kebaikan tersebut masih akan terus berdatangan pada bulan-bulan berikutnya.

Bulan Mei kemarin, sebanyak 4.191 penerima manfaat dari 71 titik wilayah berbahagia menerima kebaikan Sahabat. Banyak kisah menarik yang datang dari para penerima manfaat. Berikut beberapanya yang patut Sahabat simak:

Dek Ulya

Tiada hari tanpa terdengar tangisan dari sebuah rumah di Dusun Pabelan, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang. Ialah tangisan Dek Ulya, adik kita yang baru menginjak usia 11 tahun yang mengidap penyakit langka bernama hirschprung. Penyakit tersebut menyebabkan Dek Ulya sulit buang air besar secara normal sejak ia masih bayi. Sampai-sampai ia pernah menjalani operasi dua kali, pemotongan usus besar dan kolostomi atau pembuangan anus lewat perut saat usianya baru 7 tahun.

Saat itu keluarganya mengira kalau Dek Ulya sudah sembuh. Sedihnya, penyakit tersebut kambuh lagi sampai ia terpaksa berhenti sekolah karena tak kuasa menahan sakitnya yang kian parah. Dek Ulya sangat bersyukur karena saat itu ada Sahabat yang mau membantu Dek Ulya untuk berobat. Berkat bantuan Sahabat, Dek Ulya bisa mendapatkan biaya akomodasi kontrol, mendapatkan susu, vitamin, dan buah-buahan untuk menunjang perawatannya.

Saat ini Dek Ulya masih melakukan kontrol rutin. Perutnya juga sempat mengecil, namun dua minggu kemarin, perutnya kembali membesar karena ia belum bisa BAB lagi karena pola makannya yang masih belum terkontrol. Meski begitu, Kondisi Dek Ulya terbilang baik dan tak ada keluhan lainnya. Ia sudah bisa beraktivitas normal seperti anak-anak lain bahkan sudah bisa bermain sepeda!

Operasi Wajah Putri

Putri, seorang bocah dari pedalaman Cengal, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatra Selatan, lahir dengan kondisi wajah yang tak sempurna. Ia mengidap facial cleft. Meski begitu, ia bersyukur karena kedua matanya berfungsi sempurna. Bapak dan ibu guru di sekolahnya bilang kalau Putri adalah salah satu siswa yang cerdas di sekolahnya.

Mimpinya untuk operasi wajah harus tertunda lama karena membutuhkan biaya yang sangat besar sementara ayahnya hanya bekerja sebagai petani. Namun, kebaikan Sahabat berhasil mempercepat mimpi putri tersebut untuk terwujud. Sejauh ini, Putri sudah melakukan 3 kali tindakan operasi. Dua kali tindakan operasi wajah, dan sekali tindakan operasi langit-langit.

Saat ini Putri sedang memenuhi kebutuhan nutrisi pasca operasi dan masih rutin kontrol di Palembang. Putri juga akan melanjutkan sekolahnya ke tingkat menengah. Kabar baiknya tak berhenti sampai situ, sekarang ia sedang bersiap untuk melakukan operasi selanjutnya, yaitu operasi kelopak mata dan bibir! Saat hari raya idul fitri kemarin, Putri juga mendapatkan uang santunan!

Masjid Nur Fatih

Bertahun-tahun warga mualaf Kampung Mbongras, Desa Tadho, Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada, NTT, hanya bisa sholat berjamaah bergantian dari rumah. Warga melakukan hal itu karena tak memiliki masjid di kampungnya sementara masjid di kampung sebelah 2,5 kilometer jauhnya. Hebatnya, dengan segala keterbatasan tersebut, jumlah mualaf di Mbongras terus bertambah hingga saat ini mencapai 34 kepala keluarga.  Setiap hari mereka selalu berdoa agar impiannya memiliki masjid pertama di kampungnya bisa terwujud.

Alhamdulillah, doa warga dikabulkan oleh Allah SWT lewat bantuan para Sahabat. Mendengar masjidnya akan segera dibangun, warga begitu antusias sehingga ikut bergotong royong dalam membangun masjid tersebut. Pembangunan masjid tersebut dimulai pada 21 Mei 2022. Hingga sekarang, masjid tersebut masih dalam pembangunan.

Pemasangan rangka baja untuk bubungan sudah dilakukan. Saat ini, masjid Nur Fatih sedang ada di tahap pemasangan seng spandek untuk bubungan masjid. Baru kemudian selanjutnya pengerjaan tembok dan pengimaman akan dilakukan. Masjid Nur Fatih masih membutuhkan beberapa material lagi seperti seng spandek, baut driling, kuba, kayu kusen untuk pintu dan jendela, serta upah kerja. Sambil berdoa agar masjidnya cepat selesai, yuk kita bantu pembangunannya juga!

Terima kasih Sahabat karena sudah membantu saudara-saudara kita di atas dan lainnya yang tak bisa diceritakan satu per satu kisahnya. Kami berharap, kebaikan Sahabat mendapatkan balasan berlipat ganda. Semoga, akan banyak kebaikan-kebaikan lain yang terus mengalir agar lebih banyak orang yang merasakan manfaatnya. Aamiin…

Data:
Total penerima manfaat = 2.709+1.408+67+5+2 = 4.191
Total titik penyebaran = 4+6+54+5+2 = 71