Ekonomi

Tips dan Keuntungan Budidaya Udang yang Jarang Diketahui

Udang merupakan salah satu biota air yang cukup mudah ditemukan, baik itu di laut maupun air tawar seperti danau dan sungai. Selain memiliki cita rasa yang nikmat untuk disantap, binatang satu ini juga kaya akan manfaat.

Udang mengandung lebih dari 20 vitamin dan mineral. Kandungan Selenium dan mineral pada udang bisa meningkatkan kesehatan tubuh terutama organ jantung dan otak. Tak hanya itu, kalori yang terkandung dalam udang juga rupanya cukup rendah. Dalam 85 gram udang, hanya terkandung 84 kalori.

Tahukah Anda? Selain memberikan banyak keuntungan bagi yang menyantapnya, udang juga memberikan keuntungan yang berlimpah pada para perternaknya. Maka dari itu, kali ini penulis akan membagikan sejumlah tips dan keuntungan budidaya udang yang mungkin akan berguna bagi Sahabat yang tertarik memulai usaha satu ini.

Tips Budidaya Udang

Budidaya udang itu susah-susah gampang. Memberikan pakan dan vitamin yang berkualitas saja tidak cukup. Untuk itu, diperlukan beberapa usaha lainnya untuk menyukseskan pembudidayaan udang. Apalagi mengingat udang sendiri memiliki jenis yang cukup beragam, seperti Udang Galah, Udang Vaname, Udang Windu, dan masih banyak lagi.

Namun, sejumlah tips di bawah ini setidaknya perlu Sahabat ketahui sebelum mulai terjun dalam kegiatan budidaya udang.

1. Buat kolam dari terpal 

Siapa bilang budidaya udang hanya dapat dilakukan dengan tambak di pinggir laut. Tidak sedikit juga peternak udang terutama udang air tawar, yang menggunakan kolam terpal sebagai tempat budidaya.

Sahabat hanya perlu membuat kolam dari tepal dengan penyangga dari pipa yang disambung sedemikian rupa hingga membentuk sebuah kolam dan diisi dengan air.

2. Sterilisasi air, kolam, dan peralatan secara berkala

Dalam budidaya udang Sahabat perlu menjaga kebersihan seluruh komponen budidaya, yakni air, kolam dan peralatan lain yang digunakan. Tentu saja hal ini sangat diperlukan karena kita berhubungan langsung dengan makhluk hidup yang mana bisa sakit atau mati apabila tidak mendapatkan kualitas tempat hidup yang baik.

Lakukan sterilisasi air, kolam, dan peralatan secara berkala. Lebih baik sebelum bibit udang ditebar ke kolam. Hal ini dimaksudkan agar seluruh komponen bebas dari patogen dan meminimalisir adanya bakteri penyebab penyakit pada udang.

Baca Juga: Tips Budidaya Lobster Air Tawar

3. Gunakan jaring filter untuk mencegah kolam dari penyakit

Agar kesehatan udang semakin terjaga, gunakan jaring filter untuk menutup kolam. Jaring tersebut berguna untuk memfilter setiap kotoran, serangga, ataupun hewan lain yang dapat masuk ke area kolam. Selain itu juga jaring akan mengurangi resiko tercemarnya kolam dari polusi udara yang disebabkan oleh asap kendaraan.

4. Jaga kualitas air

Buatlah tempat tinggal udang semirip mungkin dengan habitat aslinya. Oleh karena itu debit dan pH air perlu diperhatikan agar kualitas air semakin terjaga.

5. Coba konsumsi udang yang dibudidayakan

Bagaimana kita bisa mengetahui baik buruknya kualitas udang yang kita budidayakan sementara kita tak pernah mencobanya. Oleh karena itu, sebelum menjual udang yang dibudidayakan, kita perlu mencoba terlebih dahulu udang tersebut agar kita tau bagaimana kualitasnya.

Apabila Sahabat berhasil menerapkan lima tips yang penulis bagikan di atas, bukan hal yang sulit bagi Sahabat untuk mendapatkan sejumlah keuntungan dari budidaya udang berikut ini.

Keuntungan Budidaya Udang

1. Udang dapat tumbuh dengan cepat

Walau terlihat sulit, sebenarnya udang menjadi salah satu jenis hewan yang cukup mudah dibudidayakan. Ini dikarenakan udang tumbuh dan berkembangbiak dengan cepat. Sehingga memungkinkan sahabat untuk panen dengan cepat pula.

2. Mendukung ekonomi lokal dan menciptakan lapangan pekerjaan

Budidaya udang dapat membuka peluang positif bagi para pedagang setempat. Selain itu, kehadiran kolam udang juga menjadi angin segar bagi para pencari kerja setempat untuk ikut berkontribusi dan mendapatkan penghasilan melalui kegiatan pembudidayaan.

3. Mengurangi malnutrisi daerah setempat

Banyak orang yang tidak mengonsumsi udang bukan karena mereka tidak memiliki uang. Namun, akses yang jauh dan sulitnya menemukan keberadaan udang yang segar dan berkualitas boleh jadi menjadi alasan utamanya.

Dengan ketersediaan pasokan udang melalui kolam budidaya, warga setempat dapat mengonsumsi makanan berprotein tinggi ini dengan mudah. Sehingga tingkat malnutrisi daerah setempat dapat dikurangi secara bertahap.

Tentu saja, keuntungan-keuntungan tersebut hanya bisa Sahabat dapatkan apabila menekuni budidaya udang dengan serius dan menerapkan setidaknya lima tips di atas. Bagaimana, menarik bukan? Tak hanya menjadi sumber penghasilan, budidaya udang juga rupanya dapat membawa kesejahteraan pada penduduk sekitar, ya.

Tapi tenang saja, Sahabat yang belum tertarik membudidayakan udang juga bisa ikut sejahterakan masyarakat dan perbaiki mereka yang terancam terkena malnutrisi, kok. Klik, untuk bantu mereka sekarang.

Referensi:

https://www.linkedin.com/pulse/beginners-guide-shrimp-farming-chandra-bhat
https://thefishsite.com/articles/top-10-tips-for-shrimp-farming-biosecurity-water-quality-part-1
https://fisharticle.com/shrimp-farming/
https://katadata.co.id/safrezi/berita/6156828433603/kandungan-bahaya-dan-manfaat-udang-untuk-kesehatan