Tentang IBM

Beasiswa Afirmasi: Solusi untuk Mengatasi Masalah Pendidikan di Wilayah 3T

Pendidikan merupakan salah satu hal yang sangat penting dan menjadi hak seluruh anak di Indonesia. Dengan adanya Pendidikan, seorang anak mendapatkan pengetahuan, keterampilan dan juga pengalaman untuk selanjutnya bisa mengubah kebiasaan. 

Melalui pendidikan juga seseorang akan mampu bersaing dengan perkembangan zaman serta memperbesar peluang untuk mendapatkan kesempatan. Akan teta[i, ternyata tidak semua orang memiliki ruang untuk mendapatkan pendidikan yang baik dikarenakan masih adanya kesenjangan di dalam masyarakat kita sendiri.

Masalah dalam Pendidikan

Terlepas dari manfaat yang bisa kita dapatkan dari adanya pendidikan. Ada beberapa yang masih menjadi persoalan, terutama masalah akses pendidikan yang berkualitas. Seperti tidak memiliki guru yang terlatih, tidak tersedianya ruang kelas yang memadai, dana pendidikan yang minim, serta kurangnya bahan atau fasilitas untuk belajar.

Masalah kurangnya dana pendidikan umumnya disebabkan oleh banyak masyarakat miskin yang belum bisa mendapatkan pendidikan layak karena kurang biaya. 
Contohnya di Indonesia. Meskipun pemerintah sudah menghilangkan biaya pendidikan sampai jenjang SMA, tetap saja masih ada biaya informal yang harus dikeluarkan oleh para murid.

Hal yang lebih memprihatinkan lagi adalah pemerintah baru hanya bisa membaskan biaya pendidikan hingga jenjang SMA saja. Sehingga masih banyak siswa yang tidak bisa mengenyam bangku pendidikan tinggi yang sangat penting untuk didapatkan.

Di wilayah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal), masalah yang ada bukan hanya soal biaya. Tapi, warga juga menghadapi kondisi minimnya akses pendidikan. DI NTT misalnya, banyak siswa harus menyeberangi lautan untuk bisa sekolah. Jika musim hujan, siswa pun tak bisa pergi karena khawatir ombak yang tinggi.

Bagaimana cara atasi mahalnya biaya pendidikan?

Pemerintah sendiri telah mengeluarkan beberapa program untuk mengatasi permasalahan tersebut. Salah satunya adalah dengan mengeluarkan beberapa program seperti misalnya Beasiswa Afirmasi. Beasiswa afirmasi ini ada yang memang diperuntukan bagi mahasiswa S1 dan ada juga yang diperuntukan bagi mereka yang ingin melajutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi seperti Magister maupun Doktoral. Selain itu ada juga Beasiswa ADik (Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi) yang diperuntukan bagi mereka yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana.

Beasiswa Afirmasi dan Pendidikan Tinggi (ADik)

Berdasarkan UU No 12/Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi, Pemerintah Indonesia berkewajiban meningkatkan akses dan kesempatan belajar bagi di Perguruan Tinggi serta menyiapkan masyarakat Indonesia yang cerdas dan kompetitif melalui Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi.

Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi yang selanjutnya disebut Beasiswa ADik adalah salah satu intervensi kebijakan Pendidikan. Bantuan bersifat afirmasi dalam bentuk bantuan pemerintah untuk memberikan kesempatan belajar kepada mahasiswa yang mengalami masalah akses dan kekurangabn dana pendidikan.
Skema bantuan beasiswa ADik pada tahun 2020 terdiri atas beasiswa untuk siswa asal Papua dan Papua Barat, siswa asal wilayah dari daerah khusus dan siswa yang merupakan anak TKI. Siswa asal daerah khusus mengacu pada Permendikbud Nomor 23 Tahun 2020 tentang Penetapan Daerah Khusus dalam Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Nasional.

Baca Juga: Hari Guru Sedunia; Peran Ed-Tech dalam Dunia Pendidikan

Melalui skema bantuan beasiswa ADik di tahun 2020, pemerintah memberikan bantuan pendidikan bagi mahasiswa asal Papua dan Pupua Barat dengan skema bantuan afirmasi secara penuh baik terkait seleksi dan pembiayaan. Untuk siswa asal daerah khusus 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal) dan anak TKI, mengikuti skema seleksi ADik. Namun, untuk pembiayaannya mengikuti skema KIP Kuliah.

Dengan skema tersebut, maka diharapkan mahasiswa yang di berikan bantuan beasiswa dari wilayah khusus, anak TKI, dan penyandang disabilitas diprioritaskan berasal dari keluarga tidak mampu sesuai dengan syarat penerimaan KIP Kuliah.

Untuk lebih jelasnya bisa Anda lihat pada tabel di bawah ini

Apa manfaat dari beasiswa afirmasi?

Seperti yang kita ketahui, beasiswa afirmasi ini memiliki beberapa keuntungan dan juga manfaat bagi para penerimanya. Mulai dari pembiayaan pendidikan dari mulai masa pendaftaran, biaya SPP, dana tunjangan buku, bantuan untuk melakukan penelitian, publikasi dan juga seminar internasional. Maupun biaya pendukung seperti transportasi, aplikasi visa/residence permit, asuransi kesehatan, dan juga biaya hidup bulanan.

Diharapkan dengan adanya program beasiswa afirmasi ini bisa memberikan kesempatan dan juga akses terutama bagi anak-anak daerah maupun masyarakat yang berada di wilayah 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal). Agar suatu saat nanti bisa membawa nama harum daerah dan juga memajukan bangsa.
Tak hanya melalui program beasiswa afirmasi sahabat juga bisa memberikan dukungan bagi pendidikan masyarakat di wilayah pedalaman agar bisa mendapatkan pendidikan yang layak melalui link berikut ini.

beasiswa-afirmasi-untuk-mengatasi-masalah-pendidikan-pedalaman-daerah-3t