Rilis

Bakti Untuk Negeri : Potret Aksi Relawan Negeri di Semeru

bantu korban erupsi gunung semeru
Tim Relawan bergerak cepat untuk evakuasi korban bencana.
evaluasi korban erupsi gunung semeru
Proses evakuasi erupsi gunung semeru.

Tepat pada 4 Desember 2021, Gunung Semeru kembali menyemburkan awan panas. Dengan cepat mengarah ke pemukiman penduduk. Tim Relawan Negeri dari wilayah terdekat dari lokasi kejadian bergerak cepat membentuk tim untuk membantu evakuasi, pengelolaan posko dan menyalurkan kebutuhan yang diperlukan oleh masyarakat terdampak.

bersama dengan anak anak penyintas erupsi gunung semeru
Relawan negeri berbagi makanan untuk para penyintas.
posko tanggap bencana erupsi gunung semeru
Posko tanggap bencana erupsi gunung semeru

Erupsi Semeru menghadirkan trauma dan rasa takut untuk masyarakat, terutama anak-anak. Tim Relawan Negeri melakukan aktivitas trauma healing untuk membantu pemulihan kondisi mental mereka. Aktivitas selama beberapa hari ini berjalan dan dibantu oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak, dan juga Kak Seto. Semangat dan keceriaan anak-anak pengungsi saat aktivitas bernyanyi dan bermain bersama menjadi kebahagiaan yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata.

Aktivitas trauma healing bersama Kak Seto
Tim Relawan Negeri bersama dengan Kak Seto melakukan aktivitas trauma healing.
gubernur jawa tengah
Bersama dengan Wakil Gubernur Jawa Timur (Emil Dardak)
relawan negeri bersama anak-anak
Tim Relawan Negeri bersama dengan anak-anak

Hingga saat ini Tim Relawan Negeri masih berada di beberapa titik evakuasi dan posko-posko bencana untuk menyalurkan bantuan dan memberikan update informasi yang dibutuhkan. Mari sama-sama kita doakan semoga para Relawan yang bertugas di sana selalu diberikan kesehatan dan keselamatan ya, Sahabat.

Dari Penjuru Negeri : Aksi Galang Dana untuk Semeru dari Sumatera Selatan

Bencana erupsi Semeru meninggalkan begitu banyak duka dan cerita pilu. Korban jiwa berjatuhan ribuan orang mengungsi dan harus kehilangan harta benda mereka yang ditelan oleh abu vulkanik serta banjir lahar dingin. Melihat kondisi ini, Tim Relawan Negeri dari berbagai daerah  bergerak cepat melakukan penggalangan dana bantuan sebagai bentuk solidaritas kemanusiaan. 

Dari Provinsi Sumatera Selatan, penggalangan dana diantaranya dilakukan di Muratara, Simpang 5 DPRD Palembang, Ponpes Ujanmas Muara Enim, dan SMP IT Rabbani Muara Enim. Hasil dari penggalangan dana ini kemudian disalurkan kepada perwakilan Relawan Negeri yang berada di posko utama Gunung Semeru.

Penggalangan dana ini diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan masyarakat yang saat ini terpaksa harus mengungsi dan kehilangan tempat tinggalnya. 

Aksi penggalangan dana bagi korban bencana
Aksi penggalangan dana bagi korban bencana
Peduli korban bencana semeru
Peduli korban bencana semeru.
This image has an empty alt attribute; its file name is wdB0T2C15ZXH1ehioSWVlcivre_WLxqs3flL26yZI-TNzvw5gYRuHIK0ybBISisrJuVdrmat8g5e_jr1WiBv50HgNASQvMBV8533OheHDMAF5PmSuRqRjsSH82BVDgc-wemOR0cq
Galang dana peduli korban bencana semeru
This image has an empty alt attribute; its file name is RGcYfcn2tSnv4NC5NOaXc7z9LMBqP0mKASOokKbH496HVdlHDwbuzSg3J0RtT7teldX9pbbQNp43eL-QhimhFM4BNhBZS7f-LHkOkmg-DJiBm14v3U6Oxqrf3mJ_tkNNKPOLcbdF
peduli korban bencana semeru