Inspiratif

8 Cara Sederhana Cintai Budaya Indonesia

mencintai budaya indonesia

Jika ada pertanyaan, negara apa yang punya budaya terbanyak di dunia? Maka Indonesia adalah salah satunya. Negara yang terkenal karena keragaman suku dan budayanya ini memiliki 1.340 suku dan 710 bahasa. Tentu saja hal ini berdampak pada banyaknya budaya yang mereka punyai.

Sayangnya, derasnya arus budaya asing yang masuk ke Indonesia menjadikan budaya-budaya yang dimiliki bangsa terancam punah dan kehilangan identitas. Belum lagi kencangnya arus globalisasi yang menyerang Indonesia juga semakin memperburuk kondisi. Jika dibiarkan tanpa adanya intervensi, tentu akan membuat budaya-budaya yang sudah mengakar ini akan benar-benar hilang.

Sebagai generasi muda penerus bangsa, tentu kita tidak menginginkan hal itu, bukan? Maka ada beberapa hal yang harus dilakukan agar budaya kita tetap utuh dan terjaga. Berikut 3 cara sederhana cintai budaya Indonesia :

1. Konsisten Menggunakan Bahasa Daerah

Mungkin ini terdengar sederhana, akan tetapi tetap menggunakan Bahasa daerah adalah hal pertama yang bisa kita lakukan agar budaya tetap terjaga. Bahasa lain tetap dipelajari, tapi jangan sampai melupakan bahasa daerah. Apalagi menganggap Bahasa daerah sebagai bahasa yang kuno dan tertinggal. Sampai kapanpun, bahasa daerah adalah budaya linguistik yang sudah sepantasnya dipertahankan. 

Di Nusa Tenggara Timur (NTT) contohnya, warga lokal begitu bangga menggunakan bahasa daerah. Oleh karena itu, hingga saat ini bahasa daerah di NTT masih lestari. 

2. Mengenal Sejarah 

Indonesia terkenal memiliki sejarah yang panjang. Mempelajari sejarah orang-orang terdahulu adalah salah satu cara cintai budaya Indonesia. Dengan mengetahui sejarah, kita jadi mengetahui apa asal muasal suatu daerah, tokoh, ataupun budaya sehingga akan lebih bersemangat dalam menjaganya.

3. Mengajarkan Budaya ke Banyak Orang

Terjaganya budaya berkaitan dengan seberapa banyak orang yang mengetahui budaya tersebut. Jangan hanya menyimpan budaya itu seoarang diri. Sebaiknya ketika kita sudah tahu, bisa mengajarkan orang lain agar semakin banyak orang yang tahu. 

4. Tetap Teguh Mempertahankan Budaya Sendiri

Di tengah gempuran budaya asing yang masuk, menjadikan budaya dalam negeri. Apalagi budaya asing masuk begitu cepat, dan digandrungi banyak orang. Sebagai generasi penerus bangsa, kita harus tetap melestarikan budaya sendiri. Jangan sampai kita terpengaruh oleh budaya asing yang sudah menjamur. 

Jika dibandingkan, budaya asing memang terlihat lebih gaul dan lebih kekinian, namun bukan berarti budaya Indonesia tidak bisa bersaing. Ada banyak budaya Indonesia yang tidak kalah menariknya untuk dipertontonkan banyak orang.

5. Mengikuti Kegiatan Kebudayaan

Ada banyak kegiatan-kegiatan kebudayaan yang masih dilestarikan. Baik di sanggar-sanggar, maupun di institut kesenian. Sahabat bisa mulai mencintai budaya Indonesia dengan cara mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut. Menonton tarian, atau bahkan berlatih menjadi penarinya. 

6. Membeli Produk dalam Negeri 

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mencintai budaya Indonesia adalah dengan membeli produk-produk lokal. Produk asing memang kini banyak bermunculan, tapi produk lokal juga tidak kalah berkualitasnya. Selain membantu melestarikan produk kebudayaan, kita juga bisa membantu perekonomian warga lokal.

7. Mengenalkan Budaya ke Dunia Global 

Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan memperkenalkan budaya sendiri ke dunia global. Misalnya jika Sahabat berada di luar negeri, Sahabat bisa mengajarkan budaya yang Sahabat kuasai ke orang-orang di sana. 

Jika Sahabat adalah pengusaha, Sahabat juga bisa ikut melestarikan budaya kita, lho. Bahkan tidak hanya itu, Sahabat juga bisa menjadikan budaya Indonesia Go Internasional! Yaitu dengan mempromosikan budaya lokal dengan cara mengekspor barang-barang produk budaya itu sendiri. 

Kegiatan ekspor ini akan membuat orang-orang luar juga ikut belajar dan kenal dengan budaya Indonesia.

8. Membantu Masyarakat yang Membutuhkan

Membantu masyarakat dan melestarikan budaya, memang apa hubungannya? Salah satu budaya Indonesia yang mulai punah adalah gotong royong. Gotong Royong sejak zaman dahulu menjadi budaya bangsa Indonesia, di mana semua kegiatan dilakukan secara bersama-sama secara sukarela agar tujuan dapat tercapai. Semua pekerjaan yang dilakukan dengan gotong royong menjadi lebih ringan dan lebih cepat diselesaikan karena dikerjakan oleh banyak orang.

Banyak permasalahan-permasalahan yang terselesaikan karena masyarakat masih memegang teguh budaya ini. Seperti membangun rumah ibadah, membangun jalan, bersih-bersih, dan lain sebagainya.

Gotong royong menjadi salah satu cara cintai budaya Indonesia yang bisa dilakukan di mana saja, baik secara langsung maupun tidak langsung. Di zaman modern ini, Sahabat tidak hanya bisa melakukan gotong royong secara langsung, tapi juga melalui donasi online. Salah satunya di platform galang dana Insan Bumi Mandiri. Sahabat bisa membantu lebih banyak orang bahkan hingga ke daerah-daerah di pedalaman Indonesia. 

Demikian 8 cara yang bisa Sahabat lakukan untuk mencintai budaya Indonesia. Dengan artikel ini, semoga budaya-budaya asli Indonesia bisa terus terjaga hingga berpuluh-puluh tahun yang akan datang. Semoga juga kita menjadi insan-insan yang bersemangat dalam memperkenalkan budaya kita ke negara-negara dan bangsa lainnya sehingga budaya Indonesia semakin dikenal luas dan semakin dihargai oleh banyak orang. 

pembangunan masjid di pedalaman

Referensi:

https://tniad.mil.id/jadikan-gotong-royong-sebagai-budaya-bangsa/

https://www.99.co/blog/indonesia/cara-melestarikan-budaya-bangsa-indonesia/

https://www.kompas.com/skola/read/2020/09/23/130000869/cara-melestarikan-budaya-indonesia?page=all

https://www.idntimes.com/life/inspiration/astrimeita185atgmailcom/7-cara-mudah-lebih-mencintai-indonesia-bagi-generasi-muda-c1c2?page=all