Inspiratif

5 Tips Liburan Aman di Akhir Tahun

“Libur telah tiba, libur telah tiba!” Hati bersorak gembira. Lagu yang dipopulerkan oleh Tasya mewakilkan kegembiraan kita menyambut hari libur yang datang sebentar lagi.

Momen hari libur memang ditunggu banyak orang. Sebab banyak orang sudah berjuang mengerjakan pekerjaan mereka. Berlibur pasti bisa menyembuhkan rasa bosan dan penat.

Namun, sayangnya pandemi covid-19 yang datang dari awal tahun masih belum berakhir. Terhitung total 671.778 jumlah kasus positif covid-19 sejak Februari 2020 hingga hari ini. Maka tidak menutup kemungkinan momen liburan akhir tahun ini menjadi kluster baru penyebaran covid-19. Apalagi di tempat destinasi wisata yang diprediksi akan penuh oleh pengunjung.

Nah, Sahabat. Kira-kira bagaimana cara agar kita bisa libur dengan nyaman dan aman dari covid-19? Mari kita simak ulasannya :

1. Memilih Destinasi yang Aman

memilih destinasi yang aman
Destinasi aman membuat hati tenang.

Usahakanlah memilih tempat liburan yang aman dari virus Covid-19, Sahabat bisa mengecek terlebih dahulu tentang bagaimana kondisi tempat yang akan dituju. Apakah punya protokol kesehatan yang lengkap? Apakah sudah tergolong zona hijau? Dan lain sebagainya.

Pilihan destinasi yang tepat akan menambah liburan Sahabat terasa lebih menyenangkan tidak khawatir terjadi hal-hal kurang menyenangkan.

2. Jika Bisa Dekat, Kenapa Harus Jauh?

tempat wisata yang dekat dengan tempat tinggal
Memilih tempat yang dekat saja.

Sebagian besar orang menginginkan berwisata ke tempat yang jauh dari tempat tinggal. Hal ini disebabkan karena mereka ingin mencari suasana baru. Tidak salah, sih. Namun di masa pandemi seperti sekarang ini lebih baik memilih untuk mengunjungi tempat wisata yang dekat-dekat saja.

Ini justru bisa menjadi momen Sahabat mengeksplor kota sendiri. Siapa tahu, kan? Ada tempat yang ternyata indah dan keren di dekat rumah kita.

3. Hindari Berpergian dengan Transportasi Umum

menghindari pergi dengan menggunakan transportasi umum
Menghindari berpergian dengan transportasi umum.

Meskipun banyak jenis transportasi yang menyediakan protokol kesehatan lengkap, ada baiknya Sahabat tetap memilih kendaraan pribadi sebagai pilihan. Hal ini untuk menghindari kemungkinan penyebaran covid-19 melalui kerumunan.

Memakai kendaraan pribadi juga lebih praktis dan tidak ribet. Asalkan, jangan lupa tetap hati-hati selama perjalanan ya.

Baca Juga : Ketimpangan Sosial antara Timur dan Barat

4. Bawa Pandemi Starter Kit!

membawa pandemi starter kit
Jangan lupa membawa, masker dan perlengkapan lainnya.

Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di perjalanan nanti. Oleh karena itu, ada baiknya kita selalu membawa perlengkapan di saat pandemi seperti handsanitazer, masker, membawa alat makan sendiri, facial shield, sabun, multivitamin, dan lain sebagainya.

Jangan lupa bawa obat-obatan pribadi juga ya!

5. Cukup Bersama Keluarga Saja

pergi liburan cukup bersama dengan keluarga saja
Pergi liburan bersama dengan keluarga.

Liburan bersama teman-teman tentu sangat menyenangkan rasanya. Bisa menghilangkan penat dan juga bercanda bersama mereka. Apalagi jika sudah lama tak berjumpa, tentu rasa bahagianya bisa berkali-kali lipat.

Namun, di masa sekarang, sebaiknya tunda dulu berkumpul dengan teman-teman yang lain. Jika Sahabat ingin berlibur, ajaklah keluarga atau orang-orang terdekat. Selain sebagai upaya menurunkan resiko penyebaran, Sahabat juga bisa memanfaatkan momen ini untuk bisa lebih dekat dengan mereka.

Nah, Sahabat. Itulah tadi 5 tips aman liburan di akhir tahun. Semoga bisa bermanfaat bagi Sahabat yang ingin berlibur atau sekedar ingin berpergian melepaskan penat.

Jika Sahabat berkenan, di penghujung akhir tahun ini, ternyata masih banyak saudara-saudara kita yang kesulitan, jangankan untuk berlibur, untuk makan sehar-hari saja mereka masih berjuang setengah mati. Mari bantu mereka dengan klik di sini.