Kurban

5 Manfaat Daging Segar Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

manfaat daging

Menjelang Hari Raya Idul Adha 1441 H, seluruh umat muslim menyambutnya dengan sukacita. Selain merupakan salah satu ibadah terbesar, di momen hari kurban kita juga bisa menikmati daging segar yang jarang kita dapatkan sepanjang tahun.

Berbeda dengan daging olahan, daging segar adalah daging yang hanya mempunyai satu bahan tanpa adanya campuran apapun. Sedangkan daging olahan diawetkan dengan baik dan diberi penambahan bahan pengawet kimia agar bisa bertahan lebih lama.

Manfaat Daging Segar

Tahukah Sahabat? Dibandingkan dengan daging olahan, daging segar memiliki manfaat lain yang baik untuk kesehatan. Apa saja itu? Mari kita simak 5 Manfaat daging segar untuk kesehatan. Agar lebih tahu kandungan gizi apa saja yang terdapat pada daging segar.

1. Aman dari Penyakit

aman dari penyakit

Hampir semua daging olahan yang dibekukan diproduksi dengan bahan karsinogenik yang biasanya dikenal dengan natrium nitrit. Bahan tersebut berfungsi untuk mengubah warna daging menjadi merah sehingga terlihat segar. Namun, terdapat dampak negatif dari bahan tersebut, yaitu akan membentuk nitrosamine, yaitu penyebab kanker di dalam tubuh manusia. Sedangkan daging segar tidak mengandung bahan tersebut sehingga aman untuk kesehatan tubuh.

Manfaat daging segar untuk kesehatan lainnya adalah mencegah rambut rontok. Seperti diketahui, rambut membutuhkan protein yang penting agar bisa tumbuh. Kekurangan asupan dapat menyebabkan rambut lebih cepat rontok dari seharusnya.

2. Membantu Pemulihan Pasca Operasi

proses pemulihan pasca operasi

Seperti yang sudah Sahabat ketahui, daging segar memiliki kandungan nutrisi yang berlimpah. Di dalam 50 gram daging terdapat 5 persen lemak, 108 kalori, 30 persen air, dan 13 gram protein. Kandungan protein yang ada di dalam daging segar dapat membantu memulihkan bagian tubuh yang terluka karena operasi. Protein tersebut memiliki fungsi dalam proses regenerasi kulit sehingga mempercepat penyembuhan yang disebabkan luka operasi. Protein yang berasal dari daging segar juga mengandung 9 asam amino alami yang membantu kita dalam masa pertumbuhan.

3. Mempertahankan Otot

membantu dalam mempertahankan massa otot

Jika Sahabat menyukai kegiatan olahraga maka mengkonsumsi daging segar adalah pilihan yang tepat. Kandungan protein yang ada di dalam daging segar dapat mempertahankan massa otot. Manfaat daging segar untuk kesehatan lainnya adalah menambah energi ketika melakukan kegiatan fisik yang berat. Tidak Hanya itu, daging segar juga bisa meningkatkan kekuatan dan energi kita misalnya untuk menambah kecepatan berlari kita loh. Wah, bermanfaat sekali ya Sahabat!

4. Mencegah Anemia

mencegah anemia dan kekurangan darah

Anemia adalah penyakit yang disebabkan karena kekurangan sel darah merah atau hemoglobin. Dampaknya, organ tubuh tidak mendapatkan asupan oksigen yang cukup sehingga membuat penderitanya pucat serta mudah lelah. Dengan mengkonsumsi daging segar secara rutin, Sahabat bisa terhindar dari penyakit ini. Hal ini disebabkan kerena daging segar adalah sumber zat besi yang baik supaya bisa diserap lebih baik oleh tubuh.

5. Penambah Stamina

membantu dalam menambah stamina tubuh

Manfaat daging segar untuk kesehatan adalah membantu menambah stamina, karena mengandung zat yang dapat memicu pembentukan karnosin di dalam tubuh. Jika jumlahnya sesuai, karnosin bisa membantu mengatasi permasalahan mudah lelah yang biasanya Sahabat alami. Stamina yang baik tentu dapat membuat kita lebih semangat lagi dalam menjalani setiap kegiatan.

Nah, Sahabat. Itu tadi 5 manfaat daging segar untuk kesehatan. Semoga dapat menjadi pelecut semangat bagi kita untuk menjalani ibadah kurban.

Tahun ini, Insan Bumi Mandiri menyalurkan kurban ke 12 provinsi di pedalaman Indonesia. Ayo, bantu masyarakat pedalaman untuk bisa menikmati daging segar tahun ini. Klik di sini untuk memberi masyarakat pedalaman mendapatkan daging segar.

kurban online