Tentang IBM

5 Langkah Mudah Mengajukan Campaign di Insan Bumi Mandiri

cara mudah mengajukan campaign

Halo, Sahabat. Bagaimana kabarnya? Semoga selalu dalam keadaan sehat dan semangat menjalani hari. Meskipun Covid-19 masih belum kunjung reda, kita diharapkan untuk mulai beradaptasi dengan kondisi yang terjadi saat ini. Ada berbagai protokol kesehatan yang perlu Sahabat perhatikan  ketika akan berpergian seperti menggunakan masker, tetap menjaga jarak dengan orang sekitar, dan selalu mencuci tangan menggunakan hand sanitizer.

Selain membawa kerugian, kedatangan covid-19 di tengah-tengah kita juga meninggalkan hikmah dan pelajaran yang bisa kita petik bersama. Orang-orang mulai berbondong-bondong melakukan kebaikan pertama mereka untuk membantu sesama. Beragam kegiatan kebaikan pertama yang diinisasi oleh individu, organisasi, komunitas, dan juga lembaga sosial pun bertebaran di mana-mana, mulai dari pembagian sembako bagi pejuang keluarga yang di-PHK, makanan gratis bagi ojek online, hingga pembagian masker dan hand sanitizer gratis bagi pedagang kaki lima.

Bersama Insan Bumi Mandiri, Sahabat bisa ikut berpartisipasi dalam melakukan kebaikan pertama, khususnya untuk saudara-saudara kita di pedalaman. Namun, ada beberapa persyaratan yang harus Sahabat penuhi untuk mengajukan campaign di Insan Bumi Mandiri. Yuk kita simak bersama!

1. Berada di wilayah pedalaman Indonesia

Syarat pertama untuk mengajukan campaign di Insan Bumi Mandiri adalah campaign diharuskan berada di daerah pedalaman Indonesia, seperti Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Beberapa daerah di tiga provinsi tersebut tergolong dalam daerah 3T (Tertinggal,Terdepan, dan Terluar) dan memiliki ciri khas yaitu sulitnya akses transportasi menuju ke sana, tingkat perekonomian yang rendah, dan susahnya mendapatkan air.

2. Bertanggung Jawab

Setiap harinya ada sekitar 386 kebaikan yang diberikan oleh Sahabat Pedalaman kepada campaign-campaign di Insan Bumi Mandiri. Apabila Sahabat ingin mengajukan campaign di Insan Bumi Mandiri, Sahabat harus bisa bertanggung jawab terhadap dana penyaluran yang nantinya akan Sahabat salurkan kepada Penerima Manfaat (PM). Termasuk di antaranya adalah data Penerima Manfaat harus lengkap dan rincian dana yang dikeluarkan juga harus jelas digunakan untuk keperluan apa. 

3. Mengalami Kondisi yang Buruk

Persyaratan lainnya untuk mengajukan campaign di Insan Bumi Mandiri adalah kondisi penerima manfaat harus memenuhi kualifikasi atau memang dalam kondisi sangat mendesak untuk dibantu. Contohnya jika Sahabat ingin mengajukan campaign kesehatan di Insan Bumi Mandiri, maka penerima manfaat diharuskan sedang menderita penyakit berat seperti tumor, kanker, kecelakaan yang membuat penerima manfaat sulit beraktivitas seperti biasa.

Hal yang sama juga harus Sahabat penuhi untuk mengajukan campaign-campaign lainnya di Insan Bumi Mandiri. Penerima manfaat yang diutamakan adalah orang-orang yang berasal dari keluarga tidak mampu, anak yatim, siswa yang memiliki prestasi atau warga yang memiliki kontribusi lebih di masyarakat (guru ngaji, takmir masjid, tokoh masyarakat, dan lain-lain).

Selain itu, Sahabat juga bisa mengajukan campaign di Insan Bumi Mandiri dalam bentuk pembangunan masjid, Taman Pendidikan Qur’an (TPQ), sekolah, atau rumah yang memiliki kerusakan parah (lebih dari 50%), terhambatnya pembangunan karena kekurangan dana, atau karena bangunan yang disebutkan di atas belum ada di wilayah tersebut.

4. Kelengkapan Data

Sebelum mengajukan campaign di Insan Bumi Mandiri, Sahabat diharuskan mencari informasi selengkap-lengkapnya mengenai calon penerima manfaat. Jika terkait dengan campaign pembangunan, Sahabat bisa melengkapi data-data seperti nama bangunan, alamat lengkap, berapa lama perjalanan ke sana dari pusat kota, berapa banyak jamaah yang aktif (untuk masjid), sudah berapa lama bangunan berdiri, mengapa kerusakan bisa terjadi, dan informasi-informasi penting lainnya.

Begitu pula jika Sahabat ingin mengajukan campaign di Insan Bumi Mandiri di bidang pendidikan dan kesehatan. Sahabat harus menggali lebih dalam informasi calon penerima manfaat untuk memastikan bahwa mereka benar-benar membutuhkan dan memang sepantasnya mendapat bantuan.

5. Dokumentasi

Syarat terakhir untuk mengajukan campaign di Insan Bumi Mandiri adalah dokumentasi. Dokumentasi yang baik dan berkualitas dapat menggerakkan semakin banyak orang untuk melakukan kebaikan pertamanya di pedalaman. Sahabat tidak harus menggunakan kamera yang bagus untuk menghasilkan foto yang bagus. Cukup hanya dengan kamera dalam smartphone Sahabat sudah bisa memenuhi persyaratan, asalkan sudut pandang fotonya tepat dan fotonya terlihat jelas.

Nah, bagaimana Sahabat? Mudah sekali bukan untuk mengajukan campaign di Insan Bumi Mandiri? Mari kita lakukan kebaikan pertama untuk saudara-saudara kita yang membutuhkan di pedalaman Indonesia. 

Kebaikan yang berawal darimu, semoga dapat menginspirasi lebih banyak orang untuk menghadirkan senyuman terbaik untuk mereka. Ayo, kita mulai dari sekarang! Klik di sini.

bantu berdayakan pedalaman Indonesia