Inspiratif

2020 dalam Cerita, Mengingat 5 Kebiasaan Selama Karantina

Halo, Sahabat semua! Bagaimana kabarnya? Semoga sehat dan bahagia selalu. Tak terasa, ya. Sebentar lagi kita hampir melalui tahun ini. 2020 memang menjadi tahun yang penuh pernak-pernik dan serba mendebarkan. Ada banyak hal terjadi, ada banyak pula yang merubah kehidupan kita. Salah satunya yaitu kebiasaan selama karantina.

Sejak Maret tahun 2020 ini, Pandemi Covid-19 mulai menyebar ke negara kita. Kedatangannya membuat hidup kita berubah. Dari yang biasanya sering keluar rumah menjadi di rumah saja. Dari yang biasanya sering bepergian menjadi tak bisa ke mana-mana.

Dalam proses adaptasi itu, warga Indonesia banyak mencoba hal baru. Mulai dari membuat kopi viral, hingga ramai-ramai membuat konten di salah satu platform online.

Nah, Sahabat. Kita coba ingat lagi yuk, apa saja kebiasaan selama karantina yang kita temui. Berikut ulasannya untuk Sahabat :

1. Sering Dapat Paket

sering-dapat-paket-kebiasaan-selama-covid-19

“Pakett, paket!” Sering sekali kata itu terdengar saat masa karantina. Entah dari tetangga atau dari keluarga kita sendiri. Pandemi membuat semua kegiatan tidak bisa dilakukan, termasuk berbelanja. Maka belanja online pun jadi alternatif yang banyak dipilih orang. Selain untuk menghindari kontak langsung, belanja online juga mudah dilakukan oleh siapa pun.

2. Beli Makanan Online

beli-makanan-online-kebiasaan-selama-karantina

Tak dapat dipungkiri, sulit sekali mencari penjual makanan semasa karantina. Semenjak Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diberlakukan, aktivitas semua orang jadi terbatas. Jarang sekali ada pedagang yang berjualan di pinggir jalan ataupun warung yang buka. Beli makan online menjadi solusi terbaik di tengah kelaparan yang melanda.

3. Bertemu Secara Virtual

bertemu-secara-virtual-kebiasaan-selama-karantina

Karena tak bisa bertemu langsung, semua pertemuan dilakukan secara daring. Mulai dari sekolah, meeting kantor, hingga berbincang dengan kawa semuanya juga dilakukan lewat aplikasi video conference seperti whatsapp, zoom, google meet, dan lain-lain.

Baca Juga : Jejak Kebaikan di Pedalaman Indonesia

4. Beralih ke Pola Hidup Sehat

beralih-ke-pola-hidup-sehat-kebiasaan-selama-karantina

Virus Covid-19 membuat kita lebih waspada terhadap pola hidup sehat. menjaga kebersihan diri dan lingkungan, mengonsumsi makanan sehat, dan rajin berolahraga menjadi tiga kebiasaan selama karantina yang seringkali dilakukan.

Masyarakat yang sebelumnya kurang peduli sekarang mulai sadar akan pentingnya menjaga imunitas tubuh agar aman dari serangan virus. Terlihat dari banyaknya orang yang mulai gemar bersepeda, berkebun, dan melakukan kegiatan olah tubuh lainnya.

5. Saling Berbagi di Masa Pandemi

saling-berbagi-di-masa-pandemi

Kesulitan tidak hanya dirasakan oleh masyarakat kecil, tapi di masa pandemi ini semua orang mengalami masa-masa sulit yang sama.

Untungnya, pandemi tidak membuat kebiasaan baik hilang. Justru di masa sulit ini warga Indonesia banyak berbagi. Mulai dari berbagi makan gratis untuk pejuang keluarga, hingga membantu banyak pasien mendapatkan pengobatan. Sebab kita pasti bisa melawan ini jika bersama.

Semoga pandemi segera berlalu, supaya semakin banyak kebiasaan baik yang bisa terlaksana.

Sahabat, masih belum selesai. Banyak orang yang masih terdampak, klik di sini untuk membantu mereka.