Ramadhan

11 Amalan Sunnah Saat Berbuka Puasa

Assalamualaikum Sahabat, Alhamdulillah kita kembali bertemu dengan bulan Ramadhan, bulan penuh keistimewaan yang memiliki keberkahan berlimpah dari Allah. Meskipun kondisi Ramadhan tahun ini berbeda dengan yang sebelumnya, jangan sampai menyurutkan semangat kita dalam beribadah demi mencapat derajat taqwa di sisi Allah.

Berbicara tentang bulan Ramadhan, tentunya sangat banyak amal sunnah yang bisa kita lakukan di dalamnya. Mulai dari kita bangun untuk melaksanakan shalat malam, makan sahur, menahan haus, lapar dan hawa nafsu hingga datangnya waktu berbuka puasa hingga dilanjutkan dengan menghidupkan malam-malam di bulan Ramadhan.

Amalan Sunnah Saat Berbuka Puasa

Di antara begitu banyak amalan yang bisa kita lakukan, berikut kami informasikan 11 amalan sunnah saat berbuka puasa dan bisa Sahabat praktikkan di rumah, kosan, atau di manapun saat ini Sahabat berada. Selamat membaca ya Sahabat.

1. Menyegerakan Berbuka Puasa

Amalan sunnah saat berbuka puasa yang pertama adalah menyegerakan berbuka puasa begitu sudah masuk waktunya, atau secara umum ditandai dengan adzan maghrib. Jangan menunda-nunda waktu berbuka puasa dan jangan pula berbuka puasa sebelum waktunya. Menyegerakan berbuka puasa ini sesuai dengan hadits berikut : “Manusia akan senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Berbuka dengan Kurma atau Seteguk Air

Amalan sunnah saat berbuka puasa selanjutnya adalah menyantap kurma sesuai dengan urutannya yaitu ruthab (kurma basah), apabila tidak ditemukan maka boleh dengan tamr (kurma kering), apabila tidak ada juga maka berbukalah dengan seteguk air putih.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berbuka dengan kurma basah (ruthab), jika tidak ada ruthab maka berbuka dengan kurma kering (tamr), jika tidak ada tamr maka minum dengan satu tegukan air.” (HR. Ahmad, Abu Dawud)

3. Mengawali Berbuka dengan Menyebut Nama Allah

Ada satu amalan sunnah saat berbuka puasa yang sering terlewat ini. Biasanya karena sudah terlalu lapar dan ingin segera menyantap makanan berbuka. Ya! Amalan sunnah ini adalah membaca bismillah ketika akan minum dan menyantap makanan. Dengan begitu, apa yang masuk ke dalam tubuh menjadi lebih berkah.

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila salah seorang di antara kalian makan, maka hendaknya ia menyebut nama Allah Ta’ala (yaitu membaca ‘bismillah’). Jika ia lupa untuk menyebut nama Allah Ta’ala di awal, hendaklah ia mengucapkan: “Bismillaahi awwalahu wa aakhirohu (dengan nama Allah pada awal dan akhirnya)”.” (HR. Abu Daud dan At Tirmidzi).

4. Membaca Doa saat Berbuka Puasa

Meski sudah lapar dan haus, amalan sunnah saat berbuka puasa yang satu ini jangan sampai terlewat juga. Hendaklah kita membaca doa saat berbuka puasa sebagai wujud pasrah kita kepada Allah dan mengharap keberkahan dari puasa yang sudah kita lakukan dan apa yang kita santap saat berbuka puasa.

Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika telah berbuka mengucapkan: ‘Dzahabazh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah (artinya: Rasa haus telah hilang dan urat-urat telah basah, dan pahala telah ditetapkan insya Allah)’.” (HR. Abu Daud).

5. Memperbanyak Doa saat Berbuka Puasa

Tahukah Sahabat? Salah satu waktu mustajab untuk berdoa adalah saat kita berbuka puasa. Maka, hendaknya kita tidak menyia-nyiakan kesempatan ini. Amalan sunnah yang bisa kita lakukan saat berbuka puasa adalah memperbanyak doa dengan penuh harap kepada Allah untuk kebaikan diri kita sendiri maupun untuk kebaikan orang lain.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Ada tiga orang yang do’anya tidak ditolak : (1) Pemimpin yang adil, (2) Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, (3) Do’a orang yang terzholimi.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Hibban).

6. Memberi Makan Berbuka Puasa untuk Orang Lain

Bulan Ramadhan adalah waktu di mana segala amal kebaikan yang kita lakukan akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah. Maka, inilah kesempatan kita untuk memperbanyak amalan sunnah, termasuk dengan memberika makan orang untuk berbuka puasa.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi ,Ibnu Majah, dan Ahmad)

Baca Juga : 8 Keutamaan Memberi Makan Orang Berpuasa

7. Mendoakan Orang yang Memberi Kita Makanan Berbuka

Ketika kita tidak bisa memberikan balasan dalam bentuk sama dengan kebaikan yang orang lain berikan kepada kita, maka balaslah kebaikan tersebut dengan mendoakannya.

Dari ‘Abdullah bin ‘Umar, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda “Barangsiapa yang memberi kebaikan untukmu, maka balaslah. Jika engkau tidak dapati sesuatu untuk membalas kebaikannya, maka do’akanlah ia sampai engkau yakin engkau telah membalas kebaikannya.” (HR. Abu Daud dan Ibnu Hibban)

Pernah suatu ketika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam diberi minum, maka beliau pun menengadahkan kepalanya ke langit dan berdoa,

“Allahumma ath’im man ath’amanii wa asqi man asqoonii” [Ya Allah, berilah ganti makanan kepada orang yang memberi makan kepadaku dan berilah minuman kepada orang yang memberi minuman kepadaku]” (HR. Muslim)

Nah, mendoakan orang lain dalam kebaikan juga salah satu amalan sunnah yang bisa Sahabat lakukan saat berpuasa.

8. Berbuka Puasa Bersama-sama

Amalan sunnah saat berbuka puasa yang kedelapan adalah berjamaah dalam berbuka, agar terasa kebersamaan dan keberkahan sehingga lebih bermakna. Hal ini berdasarkan hadits berikut :

“Wahai Rasulullah, sesungguhnya kami makan dan tidak merasa kenyang?” Beliau bersabda: “Kemungkinan kalian makan sendiri-sendiri.” Mereka menjawab, “Ya.” Beliau bersabda: “Hendaklah kalian makan secara bersama-sama, dan sebutlah nama Allah, maka kalian akan diberi berkah padanya.” (HR. Abu Daud).

Baca Juga : 4 Kegiatan Berbagi Keberkahan di Pedalaman

9. Mengundang Orang untuk Berbuka dan Mendoakan Tuan Rumah

Rasulullah SAW pernah disuguhkan makanan oleh Sa’ad bin ‘Ubadah untuk berbuka puasa dan beliau mengucapkan, “orang-orang yang berpuasa berbuka di tempat kalian, orang-orang yang baik menyantap makanan kalian dan malaikat pun mendoakan agar kalian mendapat rahmat.” (HR. Abu Daud, Ibnu Majah, Ahmad)

Hadits ini menjelaskan bahwa salah satu amalan sunnah yang bisa kita lakukan adalah mengundang orang untuk berbuka puasa di tempat kita. Adapun jika kita berbuka di tempat orang lain, kita doakan mereka sebagaimana doa Rasulullah di atas.

10. Tidak Berlebihan dalam Berbuka

Meski seharian didera lapan dan haus, tetap harus ingat porsi perut ya. Berbuka puasa secukupnya dan tidak berlebihan termasuk salah satu amalan sunnah yang bisa Sahabat lakukan. Dampak berlebihan dalam berbuka puasa ini bisa bikin kamu jadi kekenyangan, mengantuk, dan parahnya bisa malas untuk beribadah. Dalam syariat Islam pun melarang kita untuk berlebih-lebihan, termasuk saat berbuka puasa.

11. Makan dan Minum dengan Perlahan

Janganlah karena ingin segera menghilangkan rasa haus dan lapar, kita berbuka dengan terburu-buru yang mengakibatkan kita lupa berdoa dan bersyukur. Makan dengan terburu-buru juga bisa membuat perut kita kaget dan sakit. Amalan sunnah saat berbuka puasa yang bisa kamu lakukan yaitu nikmati semua hidanganmu secara perlahan-lahan agar berkahnya pun bisa terasa.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa minum dengan tiga nafas. Jika wadah minuman didekati ke mulut beliau, beliau menyebut nama Allah Ta’ala. Jika selesai satu nafas, beliau bertahmid (memuji) Allah Ta’ala. Beliau lakukan seperti ini tiga kali.” (Shahih, As Silsilah Ash Shohihah no. 1277)

Itulah dia 11 amalan sunnah saat berbuka puasa yang bisa kita terapkan selama bulan Ramadhan. Amalan sederhana yang jika dikerjakan ini akan mendapat ganjaran pahala dan kebaikan di sisi Allah. Segala amal kebaikan dari mulai wajib sampai sunnah yang dikerjakan pada bulan Ramadhan akan mendapat balasan berkali lipat. Maka dari itu sudah semestinya kita termotivasi untuk menghidupkan sunnah dalam keseharian kita.

Semoga Ramadhan tahun ini bisa kita lalui dengan baik dengan mengharapkan ridha Allah, sehingga nantinya kita bisa meraih derajat taqwa di sisi-Nya. Aamiin

Insan Bumi Mandiri mengadakan kegiatan buka bersama untuk kaum dhuafa di pedalaman, klik di sini jika kamu ingin ikut berdonasi.