Ekonomi

Harga Sayur Anjlok, Insan Bumi Mandiri Borong Sayur Milik Petani dan Dibagikan Kepada Warga

Bandung, 25 Juli 2024 – Opening Petani sempat menikmati harga sayuran dan palawija seperti sawi dan muntul seharga Rp 3.500/kg, tetapi sekarang mereka meringis. Harga sayur anjlok di Magelang menyentuh angka Rp 300/kg. Harga yang sangat jatuh dibandingkan bulan lalu. Melihat kondisi ini, Insan Bumi Mandiri mengambil inisiatif dengan membuat program bagi-bagi sayur.

Inisiatif ini dilakukan dengan cara membeli seluruh hasil panen dari petani, yang kemudian dibagikan kepada warga secara gratis. Tak hanya untuk memberi bantuan pada petani di tengah anjloknya harga, tapi juga memastikan sayur-sayur bermanfaat untuk masyarakat yang membutuhkan. Insan Bumi Mandiri membeli sebanyak 1 ton sayur langsung dari petani di Desa Sengi, Kecamatan Dukun, Magelang Jawa Tengah. 

”Terima kasih sudah beli sayuran saya, tadinya sayurnya tidak akan dipanen atau dibuang, tapi sekarang ada yang membeli, jadi kami petani berterima kasih untuk Insan Bumi Mandiri dan donatur,” ungkap salah satu petani.

Panti asuhan dan pondok pesantren di Magelang juga turut menjadi sasaran penyaluran sayur gratis ini. Sebanyak 150 paket sayur dibagi rata dan dibagikan ke Panti Asuhan Amanah Qolbu, Panti Asuhan Candimulyo, dan Panti Asuhan Ibu Zaenab. Sementara untuk pondok pesantren, penyalurannya dilakukan ke Pondok Pesantren Islam Al-Falah.

“Terima kasih sudah diberikan sayuran yang sangat berlimpah untuk anak-anak,” ucap dari salah satu perwakilan Panti Asuhan Amanah Qolbu.

Jenis sayur yang dibeli di antaranya adalah jagung, sawi, kacang panjang, kembang kol, tomat, dan buncis. Petani di Desa Sengi sangat bersyukur karena mereka bisa menjual semua hasil panennya dan bisa ikut berbagi kepada warga sekitar.

Selain petani, warga yang termasuk kaum dhuafa juga turut merasakan manfaat dari pembagian sayur gratis ini. Harapannya, kegiatan ini menjadi sebuah lingkaran kebaikan yang takkan terputus.