Inspiratif
Jenis Sedekah Jariyah yang Pahalanya Tidak Akan Putus

Sedekah jariyah merupakan jenis pemberian kepada orang yang membutuhkan dan pahalanya tak pernah putus, bahkan jika seorang Muslim telah wafat sekali pun.

Inilah yang kemudian menjadikan sedekah jariyah itu istimewa. Namun, apa yang membedakan sedekah jariyah dengan yang lainnya? Mari simak di sini.

Amal Jariah, Pahala Sedekah yang Tidak Pernah Putus

Hadis yang diriwayatkan oleh Muslim pernah menyatakan tentang keutamaan sedekah jariyah.

Dalam hadis tersebut, disebutkan bahwa pada saat manusia meninggal dunia, semua amalnya akan terputus (tidak akan bertambah lagi ke dalam daftar pahalanya), kecuali doa anak saleh, ilmu yang bermanfaat, dan tentu saja sedekah jariyah.

Sedekah jariyah menjadi sebuah amal yang tak terputus sebab manfaatnya akan tetap dirasakan dari waktu ke waktu, bahkan setelah kematian seorang muslim.

Bentuk-Bentuk Sedekah Jariyah

Ada beberapa jenis sedekah yang amalnya tidak akan terputus setelah kematian seorang muslim. Beberapa di antaranya adalah:

Membagikan Ilmu

Meskipun ilmu tidak memiliki bentuk fisik, tetapi merupakan sedekah jariyah yang nyata. Seseorang yang membagikan ilmu bermanfaat bagi orang lain akan mendapatkan pahala yang tak akan terputus.

Pasalnya, ilmu akan bermanfaat sampai kapan pun juga. Ilmu akan membuat seseorang dapat menjadi sosok yang bermanfaat baik bagi dirinya sendiri maupun bagi orang lain.

Tidak hanya itu, ilmu juga merupakan sesuatu yang bisa menciptakan banyak hal untuk kemaslahatan umat. Itulah alasan mengapa para pengajar ilmu akan mendapatkan berkah yang tiada habisnya.

Tentu saja ilmu yang masuk ke dalam kategori amal jariyah utamanya adalah ilmu agama yang memperkuat tauhid dan ketakwaan seorang muslim. Adapun ilmu lain yang berkaitan dengan kehidupan dunia selama tak melanggar syariat tentu juga dapat mendatangkan pahala.

Berkarya

Berkarya dalam bentuk yang bermanfaat juga merupakan amal jariyah. Contohnya, membuat translasi kitab penting yang berkaitan dengan agama sehingga bisa dibaca oleh banyak orang.

Akan tetapi, untuk dapat berkarya semacam itu, Anda mesti membekali diri dengan ilmu agama yang mumpuni terlebih dahulu.

Membangun Masjid

Masjid adalah pusat pengetahuan, ruang untuk berkumpul dan berbagi ilmu yang bermanfaat, serta tempat untuk menyambung ukhuwah Islamiah dengan cara-cara yang dicontohkan oleh Rasulullah saw.

Keberadaan masjid akan mendorong peningkatan pengetahuan agama dan secara paralel diharapkan dapat menekan tingkat kriminalitas di wilayah sekitarnya.

Membantu membangun masjid, baik dalam segi pembangunan layak maupun menyumbang elemen-elemen di dalamnya seperti buku, Alquran, infak, bahkan sedekah, berarti memberikan bantuan kebaikan yang pahalanya tidak ada putusnya.

Menggali Sumur

Menggali sumur rupanya merupakan aktivitas yang punya makna dalam. Bukan sekadar kegiatan untuk mencari air, tetapi untuk kesejahteraan banyak orang.

Dengan menggali sumur yang bisa dimanfaatkan bagi banyak orang, maka Anda telah membantu mereka untuk hidup lebih baik.

Air adalah elemen terpenting dalam kehidupan manusia. Tidak hanya digunakan untuk minum, air juga diperlukan untuk mandi, bersuci, dan semua kegiatan kehidupan lainnya.

Membangun sumur berarti memberikan manfaat yang akan mendatangkan pahala bagi sesama umat manusia dan semua makhluk hidup.

Membantu Orang Lain dalam Bentuk Harta

Apabila harta digunakan untuk membantu mereka yang membutuhkan, maka akan menjadi amal jariyah yang tidak ada putusnya.

Di dalam harta Anda terkandung hak fakir miskin dan orang-orang lain yang membutuhkan. Itulah alasan mengapa seorang muslim wajib untuk membantu orang lain yang membutuhkan.

Harta dapat meningkatkan kesejahteraan hidup orang lain dan dari kesejahteraan itu, mereka bisa memberikan manfaat bagi orang lain.
Itulah alasan mengapa seseorang diwajibkan untuk bekerja keras dan mereka yang berkecukupan diwajibkan membantu yang kekurangan.

Kemiskinan dekat dengan kekufuran dan juga lekat dengan berbagai tindakan kriminal. Sedekah bisa menjauhkan seseorang dari hal tersebut dan itulah alasan mengapa bersedekah menjadi amal jariyah.

Bagaimana Mengamalkan Amal Jariyah yang Baik?

Sedekah jariyah merupakan sesuatu yang diwajibkan dan membawa berkah bagi banyak orang serta diri kita sendiri.

Namun, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan sebelum mengamalkan sedekah jariyah.

Pertama, kita harus melakukannya dengan ikhlas. Berbagai macam amal jariyah tentu tak ada artinya jika tidak dilakukan dengan ikhlas dan niat untuk memberikan manfaat kepada orang lain.

Kedua, memberikan sesuatu yang positif. Ilmu yang merusak dan juga harta yang tidak didapatkan di jalan yang benar hanya akan membawa keburukan.

Ketiga, hindari riya’. Betapa sulitnya menghindari riya’ di era media sosial.
Namun, dalam beramal, berusahalah dengan keras untuk meminimalisir keinginan untuk dipandang baik oleh orang lain atau keinginan untuk unjuk diri di media sosial.

Keempat, jangan mengharapkan balasan. Wajar apabila manusia menginginkan imbal balik dari seseorang yang membantunya.
Akan tetapi, Anda tidak dapat mengontrol orang lain. Anda hanya dapat mengharapkan bahwa kebaikan akan diteruskan dan menjadi manfaat manusia lainnya.

Pada dasarnya, kita tidak bisa memutuskan apakah sedekah kita betul-betul ikhlas, murni, dan akan menjadi pahala yang putus. Di situlah esensi dari menjadi manusia. Anda harus terus meluruskan niat dalam berbuat baik dan hanya mengharapkan rida Allah Swt.

Begitu banyak manfaat sedekah jariyah bagi kita dan bagi orang lain. Belajarlah untuk berbagi dengan ikhlas karena itulah kunci dari hidup bahagia yang dirahmati oleh Allah Swt.

Salah satu langkah nyata yang dapat Anda lakukan untuk melatih niat bersedekah lillahi ta’ala adalah dengan turut menyumbang pada kegiatan sosial kemanusiaan sebagaimana yang diadakan oleh Insan Bumi Mandiri.
Sedekah jariyah bisa dimulai dengan begitu mudah, selama Anda memiliki niat yang kuat untuk berbagi.