Inspiratif

Apakah TPA dan TPQ Berbeda? Berikut Penjelasannya!

perbedaan tpq

Selain pendidikan agama di sekolah formal, alternatif lain untuk memperkenalkan ilmu agama Islam pada anak-anak ialah melalui Taman Pendidikan Quran atau TPQ. Di Indonesia, sebagian masyarakat juga sering kali menyebut TPQ dengan sebutan TPA, yang merujuk pada kependekan dari Taman Pendidikan Alquran. 

Lalu apa sebenarnya perbedaan TPQ dan TPA? Apakah kedua lembaga pendidikan ini memiliki konsep pendidikan yang berbeda? Sahabat bisa membaca penjelasan mengenai perbedaan TPQ dan TPA berikut ini! 

Perbedaan TPQ dan TPA

1.Pengertian TPQ

Taman Pendidikan Al-Quran atau yang biasa disebut dengan TPQ merupakan sebuah lembaga atau kelompok masyarakat yang menyelenggarakan pendidikan non formal agama Islam. Tujuan dibentuknya TPQ yaitu untuk mengajarkan ilmu Alquran pada anak-anak sejak usia dini. 

Sementara menurut pengertian dari Departemen Agama, Taman Pendidikan Al-Qur’an adalah unit pendidikan non-formal jenis keagamaan berbasis komunitas muslim yang menjadikan al-Qur’an sebagai materi utamanya, dan diselenggararakan dalam suasana yang Indah, Bersih, Rapi, Nyaman, dan Menyenangkan sebagai cerminan nilai simbolis dan filosofis dari kata TAMAN yang dipergunakan. 

TPA/TPQ bertujuan menyiapkan terbentuknya generasi Qur’ani, yaitu generasi yang memiliki komitmen terhadap al-Qur’an sebagai sumber perilaku, pijakan hidup dan rujukan segala urusannya. 

Hal ini ditandai dengan kecintaan yang mendalam terhadap al-Qur’an, mampu dan rajin membacanya, terus menerus mempelajari isi kandungannya, dan memiliki kemauan yang kuat untuk mengamalkannya secara kaffah dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga : Sejarah Terbentuknya TPQ di Indonesia

2.Dasar Hukum TPQ 

Penyelenggaraan Taman Pendidikan Al-Quran atau TPQ di Indonesia didasarkan pada Peraturan Pemerintah No. 55 tahun 2007 pasal 24 ayat 2 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan yang berbunyi sebagai berikut: 

“Pendidikan Al-Quran terdiri dari taman kanak-kanak Al-Quran (TKQ), Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ), Ta’limul Quran lil Aulad (TQA), dan bentuk lain yang sejenis.”

Peran dan keberadaan TPQ juga berkesesuaian dengan UU No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional pada Pasal 3. 

Pasal tersebut menyebutkan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. 

Pendidikan nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

3.Penyebutan TPA di Masyarakat 

Berdasarkan pada Peraturan Pemerintah No.55 tahun 2007 pasal 24 ayat 2 di atas, maka bisa Sahabat simpulkan bahwa singkatan resmi untuk Taman Pendidikan Al-Quran yang sesuai adalah TPQ, bukan TPA. 

Singkatan TPQ juga tercantum secara resmi dalam SK Dirjen Pendis nomor 91 tahun 2019 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pendidikan Al-Qur’an.

Meski begitu, masih banyak masyarakat yang terbiasa menyebut TPQ dengan istilah TPA. Istilah TPA yang banyak digunakan oleh orang-orang ini juga merujuk pada kependekan dari Taman Pendidikan Alquran.

Hingga saat ini, masih banyak orang yang memang lebih terbiasa dan lebih nyaman menyebut Taman Pendidikan Al-Quran sebagai TPA meskipun nama resmi yang ditetapkan dalam undang-undang adalah TPQ. 

Bahkan banyak masyarakat awam yang menyamaratakan pendidikan TKQ, TPQ, dan TQA dengan sebutan TPA, padahal ketiga lembaga ini memiliki teknis administrasi dan nomor statistik yang berbeda. 

Hal ini kemudian memunculkan pertanyaan mengenai perbedaan TPQ dan TPA yang sering dianggap merupakan dua lembaga yang berbeda. 

Baca Juga: Manfaat Belajar Alquran di TPQ

4.Perbedaan TPQ dan TPA

Sesuai dengan penjelasan mengenai TPQ dan TPA tadi, maka sebenarnya perbedaan TPQ dan TPA hanya pada istilah dan penyebutannya saja. TPQ dan TPA yang dimaksud sama-sama merujuk pada Taman Pendidikan Al-Qur’an yang merupakan lembaga non formal yang menyelenggarakan pendidikan agama Islam. 

Selain masalah kebiasaan masyarakat, tidak ada lagi perbedaan TPQ dan TPA yang spesifik. Oleh karena itu, Sahabat tidak perlu bingung lagi dengan kedua istilah yang sering dipakai di lingkungan sekitar Sahabat.  

5.Lebih Baik Menyebut TPQ atau TPA?

Setelah mengetahui perbedaan TPQ dan TPA, manakah istilah yang sebaiknya kita gunakan untuk menyebut Taman Pendidikan Al-quran?

Sebenarnya hal ini tidak terlalu menjadi masalah yang berarti, selama TPA atau pun TPQ yang dimaksud sama-sama merujuk pada pengertian Taman Pendidikan Al-Quran. Sahabat bisa menggunakan kedua istilah tersebut dan menyesuaikannya dengan istilah yang lebih familiar digunakan di lingkungan terdekat. 

Namun apabila mengacu pada istilah resmi, maka lebih baik jika Sahabat menggunakan istilah TPQ untuk menyebut Taman Pendidikan Al-Quran. Terlebih lagi istilah TPA juga bisa mengacu pada singkatan dari Tempat Pembuangan Akhir. Hal ini bisa memicu kebingungan mengenai penyebutan TPA yang dimaksud. 

6.Sedekah Jariyah untuk TPQ di Pedalaman Indonesia

Bagaimana, Sahabat? Sekarang sudah tidak bingung lagi dengan perbedaan TPQ dan TPA kan? Perbedaan TPQ dan TPA hanyalah masalah penyebutan dan kebiasaan masyarakatnya saja. Pada intinya, hadirnya TPQ sangatlah dibutuhkan untuk memberikan pendidikan agama Islam untuk anak-anak sejak usia dini. 

Tak hanya di perkotaan, kehadiran TPQ juga sangat dibutuhkan di daerah-daerah pedalaman. Klik di sini untuk bantu pembangunan TPQ di pedalaman supaya anak-anak di pedalaman bisa dapatkan kesempatan yang sama dalam mengakses pendidikan. 

Referensi:
https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/4777/pp-no-55-tahun-2007
https://web.archive.org/web/20131217080758/http://edukasi.kompasiana.com/2011/06/11/pendidikan-karakter-berbasis-taman-pendidikan-al-quran-tpatpq-372275.html
https://pontren.com/2021/02/05/beda-tpa-dan-tpq/