Wakaf

Keutamaan Wakaf Masjid, Pahala yang Tak Pernah Putus

Salah satu amalan yang istimewa dalam islam adalah wakaf masjid. Orang yang berwakaf di dunia maka pahalanya akan terus mengalir terus bahkan ketika ia sudah tidak lagi hidup. 

Tidak hanya pemberi wakaf masjid yang akan merasakan manfaatnya, penerima wakaf masjid juga akan mendapatkan manfaatnya. Indahnya islam ketika amalan ini dapat ditunaikan, juga menjadi kemaslahatan untuk masyarakat luas.

Keutamaan Wakaf Masjid

Wakaf masjid adalah jenis wakaf yang dianjurkan. Semakin banyak orang yang menggunakanya, semakin besar pula pahala yang dihasilkan. Berikut adalah keutamaan wakaf masjid:

Alquran sebagai petunjuk kaum muslimin di seluruh dunia menyebutkan jika wakaf sama artinya dengan sempurnya kebaikan yang dilakukan.

Kalian sekali-kali tidak sampai kebajikan (yang sempurna), sebelum kalian menafkahkan sebagian harta yang kalian cintai dan apa saja yang kalian nafkahkan, maka sesungguhnya Allah mengetahuinya.” (QS Ali Imran 92).

Pahala yang Berkali-kali Lipat

Allah tidak memberikan balasan kepada hamba-Nya sesuai dengan berapa yang diberikan, tapi meningkatkannya menjadi berkali-kali lipat.

مَّثَلُ ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمْوَٰلَهُمْ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِى كُلِّ سُنۢبُلَةٍ مِّا۟ئَةُ حَبَّةٍ ۗ وَٱللَّهُ يُضَٰعِفُ لِمَن يَشَآءُ ۗ وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٌ

Perumpaan (nafkah yang diberikan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan 7 butir, pada setiap butirnya tumbuh 100 biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa saja yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Kuasa lagi Maha Mengetahui.” (QS Al-Baqarah 261).

Baca Juga: Wakaf Al-Qur’an, Pahala yang Terus Mengalir

Amalan yang Tak Terputus

Alangkah ruginya seseorang yang ketika meninggal dunia, terputus pula amalnya. Wakaf adalah investasi akhirat, yang amalannya tak terputus meski kita sudah tiada.

Apabila manusia meninggal dunia, maka terputuslah semua amalnya kecuali tiga; yaitu sedekah jariyah (yang mengalir terus), ilmu yang bermanfaat, dan anak shalih yang mendoakannya.”

Demikianlah keutamaan-keutamaan wakaf masjid. Betapa indahnya apabila kita diberi kesempatan untuk melakukan amalan ini. 

Tidak hanya kita yang akan mendapatkan pahala hingga kelak kita telah tiada, masyarakat yang menggunakannya pun akan mendapat manfaatnya sepanjang masjid itu digunakan untuk beribadah. Semoga kita selalu dilapangkan rezekinya. Amiin ya rabbal alamin.

Sahabat, di pedalaman masih banyak masjid-masjid yang perlu kita bantu. Klik di sini untuk membantu mereka.

bersama,mari bangun masjid di pedalaman NTT