Tentang IBM

4 Aksi Nyata Hadirkan Asa di Tengah Wabah Corona

hadirkan asa di tengah corona

Halo Sahabat, bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu sehat ya, baik untukmu yang WFH atau tetap harus pergi bekerja, terus jaga kebersihan dan keamanan. Sudah cukup lama tamu tak diundang bernama Corona atau Covid-19 hadir dan menghantui keseharian kita semua. Telah banyak pula kita lihat, baca dan dengarkan berbagai berita yang menggambarkan betapa besarnya dampak yang diterima oleh negara kita dan seluruh rakyat yang ada di dalamnya.

Namun, akan selalu ada asa dalam setiap masalah yang menimpa. Di saat begitu banyak orang yang pendapatannya menurun bahkan kehilangan pekerjaan, masih ada orang-orang yang rela berbagi rezekinya kepada mereka yang membutuhkan. Tidak hanya itu, saat tenaga medis tengah berjuang menyelamatkan nyawa ribuan manusia, banyak pula orang yang memberikan dukungan dengan menyalurkan alat pelindung diri agar mereka dapat bertugas dengan aman.

Di saat kita merasa takut dengan berita buruk yang terus bermunculan, tidak sedikit pula muncul berita-berita baik yang menghangatkan. Apa saja itu? Berikut kami sampaikan beberapa di antaranya ya, Sahabat.

1. Lembaga Kemanusiaan Bahu Membahu Menggalang Bantuan

Semenjak virus Covid-19 muncul, memberikan begitu banyak kesulitan untuk rakyat Indonesia. Di saat seperti ini, lembaga-lembaga kemanusiaan tidak henti melakukan penggalangan dana untuk membantu siapapun mereka yang terdampak dan berhadapan dengan Corona.

Mulai dari penggalangan dana untuk membeli Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis, memberikan makanan gratis dan bantuan sembako bagi mereka yang membutuhkan, hingga membantu penyemprotan disinfektan di tempat-tempat umum juga tempat ibadah agar menjadi lebih bersih serta aman.

Bantu Sekarang : Mari Bantu Pejuang Keluarga Terlindungi dari Covid-19

2. Publik Figur Bergerak Cepat untuk Mengajak pada Kebaikan

Sosok yang selama ini digemari dan diikuti oleh banyak orang, bergerak cepat dalam memberikan bantuan pada berbagai pihak yang terlibat langsung dalam perlawanan terhadap virus corona, terutama tenaga medis. Banyak dari mereka menggelontorkan dana yang tidak sedikit dengan harapan bisa memberikan bantuan untuk Indonesia agar segera sembuh dan terbebas dari Corona.

Tidak hanya itu, banyak juga dari mereka yang tak henti-hentinya memberikan pesan dan ajakan kepada seluruh masyarakat agar saling membantu, menjaga diri dengan mengikuti himbauan pemerintah dan organisasi kesehatan agar tidak semakin banyak korban.

3. Tenaga Kesehatan yang Tidak Kenal Lelah

Pejuang garis depan yang sudah tidak diragukan lagi keberanian dan kepeduliannya. Mereka yang perannya tidak bisa digantikan oleh orang lain. Inilah para tenaga medis yang selalu siaga untuk merawat dan berjuang penuh demi menyelamatkan begitu banyak nyawa.

Dengan segala keterbatasan yang ada, tidak sedikitpun mereka mengambil langkah mundur dan terus menyatakan perang terhadap Corona. Bagi Indonesia, para tenaga medis ini adalah pahlawan yang harus selalu didukung perjuangannya.

Bantu Sekarang : Bantu Tenaga Medis di Bandung Lawan COVID-19

4. Para Saudagar Berbagi Rezeki kepada Mereka yang Membutuhkan

Banyaknya UKM yang mengalami kesulitan, tenaga kerja yang di PHK, dan tidak adanya pendapatan bagi mereka yang menggantungkan hidup dengan mencari penumpang di jalan. Untuk itu, para pedagang besar membuat gerakan #SolidaritasSaudagar yang mengajak para pengusaha lainnya untuk mau berbagi rezeki dan meringankan beban saudagar kecil terdampak Corona.

SolidaritasSaudagar merupakan wujud kepedulian dan persatuan yang merupakan jati diri masyarakat Indonesia sejak lama. Kita bukanlah orang yang bisa tetap tenang saat sudara kita mengalami kesulitan, dan gerakan ini merupakan salah satu bukti nyatanya.

Empat hal di atas hanyalah sebagian kecil dari begitu banyak aksi kebaikan yang dilakukan oleh berbagai elemen masyarakat di Indonesia. Mulai dari gerakan kecil sederhana hingga gerakan besar yang keduanya memiliki tujuan sama, yaitu membantu Indonesia melawan Corona.

Dalam kondisi ini, kita harus saling mendukung dan menguatkan. Menyampaikan pesan-pesan baik yang setidaknya bisa sedikit menghadirkan kehangatan di tengah rasa takut yang begitu besar. Perbanyak edukasi kepada masyarakat agar tidak memandang buruk kepada mereka yang menjadi ODP ataupun PDP, jangan menambah beban mereka dengan kabar-kabar miring yang membuat mereka merasa tidak diterima oleh masyarakat.

Yuk, bersama-sama kita berusaha dan berdoa, agar keadaan ini lekas membaik. Agar kita bisa kembali bertemu dan bercengkrama tentang bangsa kita, yang tidak pernah kehilangan rasa pedulinya kepada sesama.