NTT Rilis

Masjid Al Furqon Menjelma Menjadi Pusat Keislaman yang Layak di Timor Tengah Selatan

masjid

Timor Tengah Selatan, 15 November 2023 – Sebuah momen bersejarah terjadi di Desa Nekmese, Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur, dengan peresmian Masjid Al Furqon yang telah menjalani transformasi dari kondisi yang memprihatinkan menjadi pusat keislaman yang layak.

Masjid Al Furqon, masjid bersejarah bagi perkembangan Islam di Kabupaten Timor Tengah Selatan dan masjid pertama di Desa Nekmese, telah dibangun kembali secara menyeluruh. Sebelumnya, kondisi fisik yang penuh retak dan mengancam keselamatan jamaah menjadi perhatian serius. Dengan dukungan berbagai pihak, melalui Insan Bumi Mandiri, Muslim Seasia Foundation, dan Cahaya Hijrah, kini Masjid Al Furqon berdiri kokoh di tengah Desa Nekmese. 

Peresmian Masjid Al Furqon ini dihadiri oleh tokoh-tokoh agama, seperti Ketua MUI Kabupaten Timor Tengah Selatan, Ketua Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Timor Tengah Selatan, Kepala Urusan Haji dan Umroh Kementerian Agama Kabupaten Timor Tengah Selatan, Ketua MUI Kecamatan Kie, pemimpin masyarakat, dan berbagai pihak terkait. Acara ini juga dihadiri oleh umat Kristen Desa Nekmese sebagai bentuk dukungan berdirinya tempat ibadah untuk umat muslim di sekitar tempat tinggal mereka. Total terdapat 150 masyarakat yang antusias menghadiri peresmian ini.

Bapak Atnan Selan, selaku tokoh masyarakat Desa Nekmese menyampaikan harapannya, “Transformasi ini membawa harapan baru bagi umat Islam di Desa Nekmese. Semoga masjid ini semakin menjadi tempat ibadah yang nyaman dan menyatukan kita semua.”

Acara peresmian ini menjadi simbol kebersamaan dan gotong royong dalam mendukung pembangunan Masjid Al Furqon. Dengan harapan baru, masjid ini diharapkan menjadi tempat yang memancarkan cahaya kebaikan dan kedamaian bagi seluruh masyarakat Desa Nekmese dan sekitarnya.

Insan Bumi Mandiri juga mengajak masyarakat dari berbagai bidang untuk mendukung pembangunan di pedalaman. Tak hanya tempat ibadah, masyarakat pedalaman masih menghadapi keterbatasan dalam mengakses fasilitas pendidikan, kesehatan, jalan yang aman, dan masih banyak lagi. Mari berkolaborasi, menciptakan kesempatan yang sama untuk masyarakat di pedalaman.

Tentang Insan Bumi Mandiri
Insan Bumi Mandiri (IBM) merupakan sebuah lembaga filantropi yang bergerak dalam pemberdayaan masyarakat untuk membangun pedalaman Indonesia. Berdiri sejak 2016, IBM telah berhasil menyelenggarakan 1.004 program dan membantu lebih dari 163.792 masyarakat pedalaman Indonesia. Kami selalu percaya, langkah kecil bersama anda #SahabatPedalaman, akan menciptakan Jejak Kebaikan untuk saudara-saudara kita di pedalaman. Berbagai persoalan, seperti akses transportasi, infrastruktur, kesehatan, dan pendidikan bisa kita benahi bersama. Informasi lengkap bisa dilihat di insanbumimandiri.org

Narahubung
081383187107 (Diana)
[email protected]