Rilis

Lewat eMpowering Youths Across ASEAN, Insan Bumi Mandiri bersama Pemda dan Dekranasda Berdayakan Penenun Belu

Bandung, 31 Agustus 2023 — Insan Bumi Mandiri, lembaga filantropi yang memfokuskan pemberdayaan di daerah pedalaman Indonesia, terpilih menjadi salah satu dari 12 organisasi masyarakat sipil yang berpartisipasi dalam c

Insan Bumi Mandiri dipertemukan dengan pemuda ASEAN berbakat yang disebut “Youth Volunteer” dalam EYAA. Insan Bumi Mandiri mengekspansi program pemberdayaan penenun Nusa Tenggara Timur yang diberi nama “Tenun.in” dalam partisipasinya. Program Tenun.in sebelumnya sudah sukses berjalan di Alor, Sumba, Ende, dan Belu.

Pada ekspansi Tenun.in kali ini, Insan Bumi Mandiri membuat sentra tenun baru di wilayah Tenukiik, Belu, NTT. Tidak hanya bekerja sama dengan Maybank, Maybank Foundation, ASEAN Foundation, dan 10 Youth Volunteer dari 9 negara ASEAN, Insan Bumi Mandiri juga ikut menggandeng Pemerintah Daerah dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Belu.

Saat pertama kali menginjakkan kaki di NTT pada 28 Juli 2023, 3 pihak Insan Bumi Mandiri dan 10 Youth Volunteer disambut meriah oleh masyarakat setempat. Mereka dikalungi tenun di bandara oleh Ketua Dekranasda dan istri dari Bupati Belu, Freny Taolin, sebagai bentuk sambutan. Setelahnya, mereka langsung bergegas menerima jamuan makan dari Bupati Belu, dr. Agustinus Taolin.

Selama dua minggu di NTT, mereka memberikan berbagai macam pelatihan kepada penenun setempat. Materi yang disampaikan meliputi Bahasa Inggris dasar; pemaduan warna; mempromosikan produk; pembuatan produk turunan seperti kalung gelang, tas, bandana, dan anting; penggunaan Instagram; serta cara memotret produk agar menarik.

Pembuatan produk turunan anting dilakukan penenun bersama relawan ASEAN.

Suksesnya ekspansi Tenun.in di Tenukiik ditandai dengan peluncuran sentra baru pada 9 Agustus 2023. Pada acara peresmiannya, beberapa tokoh ikut hadir seperti Wakil Bupati Belu, Ketua Dekranasda Belu, Kepala Dinas Pariwisata Belu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Belu, Perwakilan dari Maybank Kupang, CEO Insan Bumi Mandiri, hingga Project Manager Tenun.in. 

Acara peresmian tersebut berlangsung meriah, warga yang hadir sangat antusias dalam menyambut sentra tenun baru ini. Setelah pemotongan pita sebagai tanda diresmikannya sentra tenun baru tersebut, tokoh-tokoh yang hadir langsung masuk ke dalam untuk melihat-lihat sentra tenun baru tersebut. Acara diakhiri dengan menari bersama kemudian melepas keberangkatan Youth Volunteer untuk pulang ke negaranya masing-masing.

Pemerintah Daerah dan Dekranasda Belu terlibat aktif dalam dalam menyukseskan program ekspansi Tenun.in di Tenukiik. Zulfa Faizah, CEO Insan Bumi Mandiri merasa sangat terbantu dengan dukungan dari Pemerintah Daerah dan Dekranasda Belu.

“Pemerintah daerah dan Dekranasda Belu sudah banyak membantu kami selama dua minggu di NTT. Mereka benar-benar ingin memajukan tenun sebagai sektor kerajinan seni yang mempunyai nilai ekonomi tinggi. Mengingat tenun bukan hanya bagian bagian dari aktivitas ekonomi perempuan NTT, melalui Tenun.in, mereka juga ingin melestarikan tenun sebagai warisan budaya,” tambah Zulfa.

Meski sentra baru sudah resmi diluncurkan, program ekspansi ini masih akan berjalan hingga Oktober. Penenun setempat akan diberikan pengembangan kapasitas sebagai program lanjutan. Pengembangan kapasitas ini ditujukan untuk meningkatkan standar tenun agar dapat lebih baik untuk dibuat produk turunan yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Insan Bumi Mandiri masih akan melibatkan Pemerintah Daerah dan Dekranasda Belu dalam program lanjutan ini.

Insan Bumi Mandiri juga mengajak seluruh pihak untuk terlibat dalam program pemberdayaan pedalaman semacam Tenun.in. Informasi mengenai Tenun.in atau program pemberdayaan lain besutan Insan Bumi Mandiri dapat diakses melalui melalui website www.insanbumimandiri.org atau Instagram @insanbumimandiri.

Tentang Insan Bumi Mandiri

Insan Bumi Mandiri (IBM) merupakan sebuah lembaga filantropi yang bergerak dalam pemberdayaan masyarakat untuk membangun pedalaman Indonesia. Berdiri sejak 2016, IBM telah berhasil menyelenggarakan 1.004 program dan membantu lebih dari 163.792 masyarakat pedalaman Indonesia. Kami selalu percaya, langkah kecil bersama Anda akan menciptakan jejak kebaikan untuk saudara-saudara kita di pedalaman. Berbagai persoalan, seperti akses transportasi, infrastruktur, kesehatan, ekonomi, dan pendidikan bisa kita benahi bersama. Informasi lengkap bisa dilihat di insanbumimandiri.org. 

Narahubung:

[email protected] 
Diana Dwi Annisa (0813 8318 7107)