Kesehatan

Upaya yang Dilakukan untuk Mengurangi Krisis Air Bersih

krisis air bersih

Pada tahun 2010, UN General Assembly (Majelis Umum PBB) secara eksplisit mengakui hak asasi manusia atas air dan sanitasi. Setiap orang berhak atas air yang cukup, berkelanjutan, aman, mudah diakses, dan terjangkau untuk penggunaan pribadi maupun rumah tangga.

Air bersih merupakan kebutuhan dasar dan hak dasar manusia. Namun sayangnya, jutaan orang di seluruh dunia masih sulit untuk mengakses air bersih. Menurut Dewan Sumber Daya Air Nasional (DSDAN), pada tahun 2025, Indonesia terancam krisis air tingkat menengah. Krisis air bersih ini merupakan salah satu krisis terbesar yang dihadapi umat manusia saat ini.

Sehubungan dengan tersebut, lalu bagaimana cara kita dapat mengurangi krisis air bersih yang mungkin sudah terjadi pada saat ini? Berikut ini, setidaknya ada 4 cara yang dapat Sahabat lakukan untuk mengurangi krisis air bersih.

1. Menghemat Air

Menghemat air sangat penting untuk dilakukan karena dapat membantu melestarikan sumber daya yang sangat berharga ini untuk generasi mendatang. Kelangkaan air memiliki dampak yang sangat luas, terutama bagi kesehatan. Bahkan, WHO menyebutkan krisis air sama dengan krisis kesehatan.

Segera memperbaiki kebocoran pipa, mempersingkat mandi, menampung air hujan, kemudian menyiram tanaman dengan bijak, adalah beberapa hal praktis yang dapat Sahabat lakukan untuk menghemat air. Menghemat air adalah langkah penting untuk membangun masa depan yang berkelanjutan. Maka dari itu, mulailah menghemat air dari sekarang!

2. Tidak Membuang Sampah pada Saluran Air

tidak membuang sampah sembarangan

Sampah atau limbah secara umum merupakan salah satu penyebab kerusakan lingkungan yang paling menonjol. Salah satu dampak dari membuang sampah atau limbah sembarangan dapat menyebabkan air tercemar yang berujung pada kerusakan ekosistem air mengancam kesehatan manusia.

Oleh karena itu, tidak membuang sampah pada saluran air menjadi langkah lain yang penting untuk mengurangi krisis air bersih. Untuk mendukung hal ini, Sahabat dapat mula berpartisipasi dalam kegiatan pembersihan bibir pantai, pembersihan sungai, dan mendukung kebijakan lingkungan. Jangan lupa untuk menyebarkan kesadaran ini kepada orang lain, minimal kepada orang terdekat kita.

3. Menanam Pohon atau Reboisasi

menanam pohon

Hutan memegang peranan penting dalam kelangsungan hidup manusia. Selain menjadi rumah bagi berbagai flora dan fauna, hutan juga dapat menyediakan air bersih. Pohon dapat berperan sebagai filter alami yang dapat menghilangkan polutan dan kotoran dari air. Saat air mengalir di dalam tanah, akar pohon akan menyerap zat-zat berbahaya yang dapat mencemari air.

Pohon menyerap air dalam tanah kemudian melepaskannya kembali ke atmosfer melalui prose yang disebut transpirasi (penguapan air yang berada di dalam tanaman).  Sayangnya, jika kita menengok ke berbagai media, belakangan banyak berita soal kebakaran hutan, deforestasi hutan, maupun kerusakan hutan. Dengan adanya fakta semacam itu, tidak heran jika kemudian manusia mengalami krisis air bersih.

Maka dari itu, penting bagi kita melakukan reboisasi hutan atau penanaman pohon agar krisis air dapat dikurangi atau bahkan dapat dihentikan. Banyak komunitas maupun organisasi yang bergerak di bidang ini. Sahabat dapat mengikuti komunitas-komunitas tersebut guna ikut serta dalam kegiatan-kegiatan penghijauan hutan maupun penanaman pohon.

4. Membuat Penampungan Air Hujan

penampungan air hujan

Dengan menampung air hujan, kita dapat mengurangi ketergantungan kita pada air di dalam tanah dan air di permukaan. Air hujan yang kita tampung dapat digunakan untuk kepentingan-kepentingan rumah tangga misalnya mencuci piring, mencuci baju, dan lain sebagainya. Dengan menampung air hujan, selain kita dapat mengurangi krisis air, kita juga dapat menghemat pengeluaran untuk air PDAM.

Krisis air bersih merupakan masalah global yang memerlukan upaya bersama dari pemerintah, organisasi, korporasi dan individu. Kita sebagai Individu dapat mulai memperbaiki masalah krisis air dengan berbagai cara yang di antaranya menghemat air, tidak membuang sampah pada saluran air, melakukan reboisasi atau menanam pohon, dan membuat penampungan hujan. Dengan mengatasi masalah krisis air, maka kita akan mengatasi berbagai macam masalah lain, misalnya masalah kesehatan.

Kita perlu mengingat bahwa mendapatkan air bersih dan sanitasi yang layak merupakan hak dasar setiap manusia. Untuk mewujudkan hal ini, Sahabat dapat bergabung bersama Insan Bumi Mandiri dalam mengatasi masalah air bersih di pedalaman.

Baca juga : Standar Kebutuhan Air Bersih untuk Tiap Orang

Sumber artikel:
https://airkami.id/langkah-untuk-mengurangi-krisis-air/
https://bpbd.bogorkab.go.id/upaya-apa-yang-dapat-dilakukan-untuk-mengurangi-krisis-air-bersih/#:~:text=Menanam%20Pohon%20atau%20Reboisasi,untuk%20mengurangi%20krisis%20air%20bersih.