Rilis Tentang IBM

CSR Tenun.in dari Insan Bumi Mandiri Raih Penghargaan Gold Winner dalam PR Awards Indonesia 2023

Bandung, 17 Maret 2023 – Insan Bumi Mandiri (IBM) berhasil menjadi Gold winner dalam kategori Program CSR subkategori Pemberdayaan Masyarakat (Community Based Development) pada ajang PR Indonesia Awards (PRIA) 2023. Program pemberdayaan yang memenangkan penghargaan tersebut adalah Tenun.in, program yang memberdayakan penenun NTT. Penyerahan penghargaan tersebut berlangsung di Bali pada 17 Maret 2023.

Tenun.in hadir dengan misi meningkatkan perekonomian penenun NTT sekaligus melestarikan budaya tenun NTT. Sejak 2018, Insan Bumi Mandiri menggandeng PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI) mendirikan Sentra Tenun dan terus konsisten memberdayakan penenun di NTT, khususnya di Alor, Sumba, dan Ende. Pada 2022, program Tenun.in diimplementasikan kepada masyarakat Belu, NTT. 

“Dalam mengimplementasikan Tenun.in di Belu, perbedaan budaya dan adat istiadat, keterbatasan komunikasi (jarak jauh), serta perbedaan pola pikir menjadi tantangan komunikasi tersendiri,” jelas Rahmi Fitri, Direktur Tenun.in.

Dengan cara melokal bersama warga (pendekatan kultural), menyosialisasikan program secara berkelanjutan, dan membangun sentra tenun, Insan Bumi Mandiri mencoba untuk mengatasi tantangan komunikasi tersebut.

Hasilnya, strategi tersebut berhasil membuat 141 penenun bergabung menjadi anggota kelompok Tenun.in, membentuk 10 kelompok penenun yang beranggotakan 10 – 15 orang, serta mendapatkan 100% dukungan dari pemerintah setempat dan ketua adat. Selain itu, para penenun yang tergabung juga berhasil meningkatkan produktivitasnya sebanyak 300%, hingga akhirnya berhasil meningkatkan pendapatan bulanannya dari tenun sebesar 33%.  

“Saya berterima kasih dengan bagaimana Tenun.in memberikan harapan kehidupan yang lebih baik untuk kami. Melihat kesungguhan mereka (Insan Bumi Mandiri) membantu kami, membuat saya semangat untuk terus terlibat di dalam sentra,” ucap Mama Siska, salah satu penenun di sentra Tenun.in Belu. 

Saat ini, Tenun.in sudah berhasil membuat 4 sentra tenun yang tersebar di Alor, Sumba, Ende, dan Belu. Produk Tenun.in sudah menjangkau pasar nasional dan internasional. Bahkan, produk Tenun.in menjadi salah satu official merchandise pada gelaran MotoGP Mandalika 2022 dan tersedia di Dubai Expo 2020.

Selain mendapatkan penghargaan dari subkategori Pemberdayaan Masyarakat (Community Based Development), Insan Bumi Mandiri juga berhasil mendapatkan penghargaan Gold Winner di subkategori Program Marketing PR untuk program lain yang juga diikutsertakan. Prestasi ini berhasil memperkukuh status Insan Bumi Mandiri sebagai lembaga filantropi yang berkomitmen dalam memberdayakan daerah pedalaman.

Hingga saat ini program Tenun.in masih berjalan. Tenun.in hanyalah salah satu dari banyak program pemberdayaan yang Insan Bumi Mandiri prakarsai. Informasi lebih lanjut mengenai program-program pemberdayaan untuk masyarakat pedalaman lain yang masih dan akan terus dikembangkan oleh Insan Bumi Mandiri dapat diakses melalui website www.insanbumimandiri.org atau Instagram @insanbumimandiri.

Tentang Insan Bumi Mandiri

Insan Bumi Mandiri (IBM) merupakan sebuah lembaga filantropi yang bergerak dalam pemberdayaan masyarakat untuk membangun pedalaman Indonesia. Berdiri sejak 2016, IBM telah berhasil menyelenggarakan 1.004 program dan membantu lebih dari 163.792 masyarakat pedalaman Indonesia. Kami selalu percaya, langkah kecil bersama Anda akan menciptakan jejak kebaikan untuk saudara-saudara kita di pedalaman. Berbagai persoalan, seperti akses transportasi, infrastruktur, kesehatan, ekonomi, dan pendidikan bisa kita benahi bersama. Informasi lengkap bisa dilihat di insanbumimandiri.org. 

Narahubung:
[email protected] 
Diana Dwi Annisa (0813 8318 7107)