Rilis Tentang IBM

Insan Bumi Mandiri dan Forest Interactive Kembangkan Talenta Digital Indonesia Lewat #seKODlah

Bandung, 2 Maret 2023 – Insan Bumi Mandiri (IBM) berkolaborasi dengan Forest Interactive, penyedia platform telekomunikasi asal Malaysia, melaksanakan program #seKODlah yang bertujuan untuk mengembangkan talenta digital dan memperkuat ekonomi digital Indonesia. Program #seKODlah berlangsung dari tanggal 16 Februari – 30 Juni 2023.

Selain diciptakan dengan tujuan mengembangkan talenta digital dan memperkuat ekonomi digital Indonesia, #seKODlah juga berambisi membantu peserta menjadi inovator muda di masa depan.  Dalam program ini, terdapat beberapa tahapan pembelajaran yang dapat diikuti oleh setiap peserta, meliputi General Lecturers, Workshop: Basic Tech Skill, Workshop: Soft Skill Series, Industry Sharing, dan Capstone Project.

Zulfa Faizah, CEO Insan Bumi Mandiri, menjadi salah satu pembicara pada tahapan pembelajaran General Lecturer Vol. 3. Zulfa membawakan topik “Leadership Journey: Under 30 CEO” pada 2 Maret 2023. Selain Zulfa, Johary Mustapha, CEO Forest Interactive, dan Sharon Maurenn, Co-Founder dan Director Forest Interactive sekaligus CEO Wallet Codes Indonesia, juga hadir sebagai pembicara dalam tahapan pembelajaran ini dengan tajuk “Journey of Tech Entrepreneur” dan “Introduction to Start Up Journey”.

Melalui Workshop: Basic Tech Skill, para peserta akan mempelajari hard skill teknologi dasar, seperti manajemen proyek, pengembangan web, pengembangan perangkat lunak, pengembangan bisnis, tujuan pengembangan berkelanjutan, dan pengenalan keamanan siber. Workshop: Basic Tech Skill akan berlangsung selama empat pekan, dari tanggal 8 Maret hingga 13 April. Tahapan belajar ini menghadirkan beberapa praktisi sebagai pelatih (trainer). Beberapa praktisi tersebut di antaranya Hayatul Fikri Aziz, Project Manager Insan Bumi Mandiri, dan Rizka Arsil, Country Manager Forest Interactive Indonesia.

Berbeda dengan Workshop: Basic Tech Skill, pada Workshop: Soft Skill peserta akan mendapatkan pelatihan yang diperlukan untuk masuk ke dunia karir. Mereka juga menerima bimbingan tentang bagaimana memperbaiki CV dan personal branding di LinkedIn. Silmi Fauziyah, HR Manager Insan Bumi Mandiri akan menjadi trainer dalam tahapan belajar ini.

Selanjutnya, dalam tahap belajar industry sharing, para peserta diajak untuk memahami ekosistem dan industri teknologi. Di sini, peserta mendapatkan sesi pengenalan industri dan startup oleh para pelakunya. Program #seKODlah menghadirkan Malaysia Digital Economic Corporation (MDEC) dan perusahaan-perusahaan member dari MDEC di Indonesia sebagai mentor. Industry sharing akan berlangsung pada 3 dan 4 Mei 2023.

Terakhir, tahapan belajar capstone project mengangkat tajuk “Tech for Sustainability”. Di tahap capstone project para peserta dituntut untuk membuat solusi yang dapat mencapai salah satu atau lebih tujuan pembangunan berkelanjutan (sustainable development goals) good health and well-being, quality education, dan decent work and economic growth. Solusi tersebut nantinya dibuat dalam bentuk proposal pengembangan gim digital, situs web, atau aplikasi seluler yang dapat mendukung produktivitas. Dalam mengerjakan proyeknya, para peserta akan didampingi oleh mentor yang disesuaikan dengan jenis proposal pengembangan yang dipilih. Kelompok dengan capstone project terbaik berhak mendapatkan uang pembinaan.

Selain nantinya para peserta mendapatkan sertifikat jika sudah selesai mengikuti program #seKODlah, mereka juga berkesempatan untuk mendapatkan hadiah berupa perjalanan kunjungan industri yang didanai penuh ke kantor Forest Interactive di Malaysia selama satu minggu untuk dua orang. Ada juga hadiah lain berupa laptop senilai Rp10.000.000 untuk dua orang peserta.

“Bisa dibilang, teknologi informasi adalah salah satu bidang yang paling diminati berdasarkan tren dan proyeksi industri saat ini. Selain itu, adanya capstone project yang diharuskan untuk menjadi solusi dari sustainable development goals juga sesuai dengan kami (Insan Bumi Mandiri) yang selama ini bergerak dalam pemberdayaan masyarakat pedalaman,” ungkap Zulfa, CEO Insan Bumi Mandiri, ketika ditanya soal latar belakang terjadinya kolaborasi ini.

Hingga saat ini, Insan Bumi Mandiri masih berkontribusi dalam pemberdayaan masyarakat pedalaman, khususnya di Nusa Tenggara Timur, agar tujuan pembangunan berkelanjutan seperti good health and well-being, quality education, dan decent work and economic growth dapat terwujud. 

IBM mengajak masyarakat luas untuk ikut menebar kebaikan melalui program-program pemberdayaan lain yang akan terus dikembangkan. Informasi lebih lanjut mengenai program pemberdayaan untuk masyarakat pedalaman dapat diakses melalui website www.insanbumimandiri.org atau Instagram @insanbumimandiri.

Tentang Insan Bumi Mandiri

Insan Bumi Mandiri (IBM) merupakan sebuah lembaga filantropi yang bergerak dalam pemberdayaan masyarakat untuk membangun pedalaman Indonesia. Berdiri sejak 2016, IBM telah berhasil menyelenggarakan 1.004 program dan membantu lebih dari 163.792 masyarakat pedalaman Indonesia. Kami selalu percaya, langkah kecil bersama Anda akan menciptakan jejak kebaikan untuk saudara-saudara kita di pedalaman. Berbagai persoalan, seperti akses transportasi, infrastruktur, kesehatan, ekonomi, dan pendidikan bisa kita benahi bersama. Informasi lengkap bisa dilihat di insanbumimandiri.org. 

Narahubung:
[email protected] 
Diana Dwi Annisa (0813 8318 7107)