Kisah Pedalaman NTT

Lagu Daerah Nusa Tenggara Timur Beserta Maknanya

lagu daerah ntt

Indonesia dikenal dengan kekayaan budayanya yang begitu beragam. Bahkan setiap daerah di Indonesia memiliki warisan budayanya tersendiri yang unik dan khas, tak terkecuali dari Provinsi Nusa Tenggara Timur. 

Ada banyak kekayaan budaya yang berasal dari provinsi yang terletak di Indonesia bagian timur ini. Salah satu kekayaan budaya tersebut adalah lagu daerah NTT yang memiliki makna mendalam dan masih dilestarikan hingga saat ini. 

Bahkan ada beberapa lagu daerah NTT tersebut cukup dikenal dan banyak dinyanyikan oleh orang-orang di berbagai kesempatan. Penasaran apa saja kah lagu daerah NTT tersebut? Yuk kita ketahui bersama-sama! 

Lagu Daerah NTT Beserta Maknanya 

1.Anak Kambing Saya 

Mana dimana anak kambing saya,

Anak kambing tuan ada di pohon waru,

Mana dimana jantung hati saya,

Jantung hati tuan ada di kampung baru…

Caca marica he hei,

Caca marica he hei,

Caca marica,

ada di kampung baru…

Caca marica he hey,

Caca marica he hey,

Caca marica,

ada di kampung baru…

Lagu daerah NTT yang cukup terkenal ini berjudul Anak Kambing Saya. Lagu Anak Kambing Saya mempunyai makna yang mengisahkan tentang orang tua yang sedang mencari-cari anak kesayangannya. Lagu daerah NTT ini juga populer dikalangan anak-anak untuk dijadikan lagu bersenang-senang atau menjadi lagu pengiring permainan. 

2.Potong Bebek Angsa

Potong bebek angsa,

masak di kuali,

Nona minta dansa,

dansa empat kali…

Sorong ke kiri,,

sorong ke kanan,

Sorong ke kiri,

sorong ke kanan,

La la la la la…

Lagu daerah NTT selanjutnya yang juga cukup populer adalah Potong Bebek Angsa. Lagu Potong Bebek Angsa memiliki lirik yang sederhana dan mempunyai makna yang menceritakan tentang bagaimana kita memotong bebek dan angsa untuk dimasak dan dimakan.

Namun tak hanya makna sederhana untuk memasak bebek dan angsa, lagu daerah NTT ini juga bermakna untuk bersenang-senang dan mengajak orang lain untuk berdansa. Lagu Potong Bebek Angsa begitu populer dikalangan anak-anak dan menjadi lagu yang riang gembira.

3.Desaku 

Desaku yang kucinta,

Pujaan hatiku,

Tempat ayah dan bunda,

Dan handai taulanku…

Tak mudah kulupakan,

Tak mudah bercerai,

Selalu kurindukan,

Desaku yang permai…

Mungkin tak banyak yang tahu jika lagu yang berjudul Desaku ini merupakan lagu daerah NTT. Lagu daerah Nusa Tenggara Timur yang satu ini mempunyai makna yang cukup mendalam, yaitu menceritakan akan kerinduan seseorang terhadap tanah airnya yang permai atau indah.

Selain itu, lagu Desaku juga bisa bermakna mengenai kerinduan akan seseorang pada keluarganya yang ada di desa. Lagu daerah NTT yang satu ini juga cukup populer dan sering dinyanyikan di kalangan anak-anak. 

4. Bolelebo 

Bolelebo ita nusa lelebo,

Bolelebo ita nusa lelebo,

Malole simalole,

Ita nusa lemalole,

Malole simalole,

Ita nusa lemalole…

Bolelebo baradimu lelebo,

Bolelebo baradimu lelebo,

Ie ta’do ie baradimu rihi ie,

Ie ta’do ie baradimu rihi ie…

Bolelebo tanah Timor lelebo,

Bolelebo tanah Timor lelebo,

Baik tidak baik,

Tanah Timor lebih baik,

Baik tidak baik,

Tanah Timor lebih baik…

Lagu daerah NTT lainnya adalah lagu berjudul Bolelebo. Lagu Bolelebo ini mempunyai makna yang juga mendalam, yaitu mengisahkan tentang kerinduan seseorang pada masyarakat Nusa Tenggara Timur. Lagu ini bercerita jika para masyarakat Nusa Tenggara Timur begitu dicintai dan dapat dibanggakan di tanah rantau. 

5. Flobamora 

Flobamora tanah air,

ku yang tercinta,

tempat beta,

di besarkan ibunda…

meski beta lama jauh,

di rantau orang,

beta inga mama janji,

pulang e…

Biar pun tanjung teluknya,

jauh tapele nusa ku,

tapi slalu terkenang di kalbu,

ku u .. u .. u…

Anak timor main sasando,

dan ma nyanyi bolelebo,

rasa girang dan badendang,

pulang e…

Hampir siang,

beta bangun sambil managis,

mengenangkan flobamora,

lelebo…

rasa dingin beta,

ingat di pangku mama,

air mata basa pipi,

sayang e…

Lagu daerah NTT selanjutnya adalah Flobamora. Seperti judulnya, lagu daerah NTT yang satu ini mempunyai makna tentang Flobamora. Flobamora sendiri adalah kumpulan pulau-pulau kecil, yang pulau terbesarnya bernama Flores, Sumba, dan Timor.

Meski menceritakan tentang keindahan Flobamora, lagu daerah NTT ini dibawakan dengan sedih karena seseorang memendam kerinduannya tentang Flobamora karena ada teman dan keluarganya di sana.

Itulah beberapa lagu daerah NTT yang memiliki makna mendalam dan beberapa diantaranyAlaa cukup populer dinyanyikan oleh orang-orang. Adakah diantara lagu daerah NTT tersebut yang Sahabat hafal dan sering nyanyikan juga? 

Selain kekayaan lagu daeraahnya, masih ada banyak hal lainnya yang bisa Sahabat temukan di pedalaman Indonesia Timur. Klik di sini untuk mengenal lebih jauh pedalaman Indonesia.

Baca juga : 8 Alat Musik Khas Nusa Tenggara Timur

Sumber artikel : 
https://bobo.grid.id/read/083008420/5-lagu-daerah-ntt-beserta-maknanya-dari-desaku-hingga-potong-bebek-angsa?page=all