Tentang IBM

Peduli Bencana, Insan Bumi Mandiri Salurkan Bantuan ke Pedalaman NTT

penyaluran-korban-bencana-gelombang-pasang-ntt

Bandung, 15 November 2022 – Insan Bumi Mandiri (IBM) menyalurkan bantuan berupa bahan-bahan pokok untuk korban bencana alam di Nusa Tenggara Timur (NTT). Penyaluran yang dilakukan pada 4 November 2022 tersebut dipusatkan pada 2 titik lokasi dengan total 62 keluarga penerima manfaat. 

Bencana banjir dan gelombang pasang melanda wilayah Nusa Tenggara Timur pertengahan Oktober lalu. Di daerah Nangapanda dan Nangaroro, gelombang pasang menyebabkan longsor hingga merusak rumah-rumah warga yang tinggal di pesisir pantai. 

Tak hanya merusak rumah-rumah warga, gelombang pasang juga membuat warga yang mayoritas bekerja sebagai nelayan tak bisa melaut untuk mencari ikan. Hal tersebut berdampak pada penghasilan warga yang menurun.

Baca Juga: Dampak Krisis Air Bersih Bagi Masyarakat Pedalaman Indonesia

Melihat banyaknya warga di wilayah NTT yang menjadi korban terdampak bencana gelombang pasang ini, Insan Bumi Mandiri melakukan kegiatan penyaluran bantuan untuk para warga yang saat ini kehilangan penghasilan hingga tempat tinggal.   

Penyaluran untuk warga terdampak bencana ini merupakan hasil penggalangan dana dari para donatur melalui website Insan Bumi Mandiri. Lokasi penyaluran berpusat di dua lokasi, yaitu Desa Nangapanda di Kabupaten Ende dan Desa Nangaroro di Kabupaten Nagekeo.

Sebanyak 47 kepala keluarga di Nangapanda dan 15 kepala keluarga di Nangaroro menjadi penerima bantuan penyaluran tersebut. Bahan-bahan pokok yang disalurkan diantaranya adalah beras, minyak, mie instan, gula, teh, dan peralatan mandi. 

Bantu Korban Gempa Cianjur: Indonesia Siaga Bencana, Bantu Korban untuk Bangkit!

Penyaluran tersebut juga dihadiri oleh Wakapolsek Nangapanda, Babinsa Polsek Nangapanda, dan Sekretaris Lurah Nangapanda. Para warga mengungkapkan rasa syukur atas bantuan yang mereka terima. “Kami sangat berterima kasih atas niat baik dan kepedulian para donatur Insan Bumi Mandiri untuk kami,” tutur Syarif, salah satu warga penerima bantuan. 

CEO Insan Bumi Mandiri, Zulfa Faizah juga menyampaikan harapannya agar bantuan yang disalurkan bisa meringankan beban para korban terdampak bencana di daerah Nusa Tenggara Timur. “Di masa masa sulit pasca bencana, semoga bantuan yang dikirimkan bisa menjadi kekuatan bagi mereka yang terdampak untuk bisa pulih lebih cepat,” tutur Zulfa.

Insan Bumi Mandiri juga masih membuka penggalangan dana untuk penyaluran bantuan bagi korban bencana di daerah pedalaman Indonesia. Program-program Insan Bumi Mandiri lainnya juga bisa diakses melalui website donasi.insanbumimandiri.org dan Instagram @insanbumimandiri. 

Tentang Insan Bumi Mandiri

Insan Bumi Mandiri (IBM) merupakan sebuah lembaga filantropi yang bergerak dalam pemberdayaan masyarakat untuk membangun pedalaman Indonesia. Berdiri sejak 2016, IBM telah berhasil menyelenggarakan 1.004 program dan membantu lebih dari 163.792 masyarakat pedalaman Indonesia. Kami selalu percaya, langkah kecil bersama Anda akan menciptakan jejak kebaikan untuk saudara-saudara kita di pedalaman. Berbagai persoalan, seperti akses transportasi, infrastruktur, kesehatan, ekonomi, dan pendidikan bisa kita benahi bersama. Informasi lengkap bisa dilihat di insanbumimandiri.org