Inspiratif

5 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi Saat ke Labuan Bajo

tempat wisata di labuan bajo

Labuan Bajo merupakan salah satu kawasan yang terletak di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur dan begitu terkenal dengan keindahan alamnya. Labuan Bajo bahkan termasuk dalam salah satu destinasi wisata super prioritas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). 

Pesona keindahan alam yang ditawarkan oleh Labuan Bajo memang tak boleh dilewatkan begitu saja. Apabila Sahabat sedang merencanakan liburan ke daerah NTT atau Labuan Bajo, 5 tempat wisata di Labuan Bajo ini bisa menjadi rekomendasi destinasi wisata untuk berlibur bersama teman-teman atau keluarga. 

1. Taman Nasional Komodo 

Destinasi wisata di wilayah Labuan Bajo yang sudah dikenal hingga mancanegara adalah Taman Nasional Komodo. Di taman nasional yang sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan dunia ini, Sahabat bisa melihat langsung komodo di habitat aslinya. 

Hewan purba asli Indonesia yang juga menjadi salah satu keajaiban dunia ini menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan yang berkunjung ke Taman Nasional Komodo. Tak sekedar melihat dari dekat, Sahabat juga bisa mengambil foto bersama komodo yang tentunya akan menjadi pengalaman tak terlupakan. 

Selain melihat komodo dari dekat, Taman Nasional Komodo juga terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah. Taman nasional ini terdiri dari beberapa gugusan pulau seperti Pulau Komodo, Pulau Rinca, Pulau Padar, dan pulau-pulau lain di sekitarnya. Landscape pulau, perbukitan, dan lautan biru yang jernih di sekitar kawasan ini tentunya akan memanjakan mata. 

Baca juga: 7 Destinasi Wisata di NTT yang Wajib Dikunjungi

2. Pantai Merah (Pink Beach) 

Kawasan Labuan Bajo juga memiliki sebuah pantai yang cukup unik yaitu Pantai Merah atau Pink Beach. Bukan tanpa alasan, destinasi wisata ini disebut Pantai Merah atau Pink Beach karena memang memiliki hamparan pasir pantai yang berwarna merah muda. Warna pasir pantai yang unik inilah yang menjadi daya tarik utama objek wisata Pantai Merah ini. 

Warna merah muda yang terdapat pada pasir ini berasal dari campuran pasir putih dengan serpihan karang, cangkang kerang, serta kalsium karbonat dari invertebrata laut yang berukuran sangat kecil. Selain itu, warna merah muda ini juga berasal dari Foraminifera, yaitu Amuba Mikroskopis yang memiliki cangkang tubuh berwarna merah. 

Pantai Merah juga memiliki kekayaan biota laut dengan lebih dari 1000 spesies ikan, 260 spesies terumbu karang, dan 70 spesies spong. Dengan kekayaan biota lautnya, banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai ini untuk melakukan aktivitas snorkeling atau pun menyelam. 

Sahabat juga bisa sekedar bersantai sambil menikmati pemandangan pantai di hamparan pasir merah muda di Pantai Merah ini. Perlu Sahabat ketahui juga, hanya ada 7 pantai di dunia dengan hamparan pasir unik berwarna merah muda, dan salah satunya ada di kawasan Labuan Bajo ini. 

3. Gua Batu Cermin 

Tak hanya wisata pantai dan laut, Labuan Bajo juga memiliki wisata gua yang tak kalah mengagumkan, yaitu Gua Batu Cermin. Dulunya, gua ini berada di dalam laut hingga pada akhirnya muncul ke daratan pada tahun 50-an. Oleh karena itu, Sahabat bisa menemukan fosil-fosil binatang laut saat berkunjung ke gua ini. 

Seperti namanya, dinding gua ini dapat memantulkan cahaya seperti cermin yang disebabkan oleh kandungan garam tinggi di dinding gua. Apabila Sahabat berencana mengunjungi Gua Batu Cermin ini, sebaiknya berkunjunglah sekitar pukul 9 hingga 12 pagi. Waktu tersebut adalah waktu terbaik untuk melihat sinar matahari masuk ke dalam gua dan memantulkan cahaya seperti cermin yang menakjubkan. 

4. Manta Point 

Bukan hanya komodo, kawasan Labuan Bajo juga menjadi rumah bagi hewan langka ikan pari manta atau ikan pari raksasa. Apabila Sahabat ingin menyaksikan ikan manta dari dekat, Sahabat bisa berkunjung ke kawasan wisata Manta Point. 

Aktivitas yang bisa Sahabat lakukan di Manta Point adalah melakukan snorkeling atau diving dan berinteraksi langsung dengan ikan manta dan juga kawanan ubur-ubur yang ada di kawasan ini.  

Tak perlu takut jika Sahabat tak bisa berenang atau menyelam, karena di sini Sahabat juga bisa berlayar menggunakan kapal untuk menyusuri kawasan Manta Point. Dari atas perahu, Sahabat bisa menyaksikan keindahan alam sekitar dan juga melihat ikan manta yang muncul ke permukaan. 

5. Pulau Kalong 

Bagi Sahabat para pemburu sunset, destinasi wisata Pulau Kalong di Labuan Bajo ini juga menjadi salah satu destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan. Tak hanya menikmati matahari terbenam, di sore hari, Sahabat juga menyaksikan ribuan kalong atau kelelawar raksasa yang beterbangan menyambut langit senja. 

Pulau Kalong memang menjadi habitat bagi ribuan kelelawar raksasa, dimana pada sore hari mereka akan keluar dari sarangnya untuk mencari makan. Menyaksikan pemandangan ini tentu akan menjadi momen senja yang tak terlupakan. 

Itulah 5 tempat wisata yang wajib dikunjungi apabila Sahabat tengah berada di Labuan Bajo. Selain destinasi wisata dan keindahan alamnya, masih ada banyak hal lainnya yang bisa Sahabat temukan di pedalaman Indonesia Timur. Klik di sini untuk mengenal lebih jauh pedalaman Indonesia. 

Referensi

https://travel.kompas.com/read/2020/08/31/150300827/10-tempat-wisata-di-labuan-bajo-bisa-ke-mana-saja?page=all
https://mundomaya.travel/tempat-wisata-di-labuan-bajo/