Tentang IBM

Keajaiban Sedekah di Masa Sulit

keutamaan sedekah subuh dimasa sulit

Sahabat pasti sudah sering mendengar istilah “Roda kehidupan itu berputar”. Istilah tersebut bukan semata-mata menjadi kalimat pajangan, melainkan memang benar adanya. Tak selamanya kehidupan akan ada di atas dan tak selamanya pula ada di bawah. Boleh jadi orang dengan kehidupan yang baik, serba berkecukupan, dan selalu bahagia, besok tiba-tiba roda kehidupannya berputar dan membuatnya berada di bawah, begitu pula sebaliknya.

Jika sekarang sahabat merasa bahwa kehidupan sedang berada di bawah, tak perlu terlalu khawatir. Karena sejatinya, setiap orang pasti pernah berada di titik yang sama dengan sahabat saat ini. Lalu, bagaimana seharusnya kita menyikapi kehidupan saat tengah berada di bawah?

Merasa Cukup Walau Sedang Masa Sulit

Agama Islam mengajarkan umatnya untuk selalu merasa cukup. Walau tengah berada di masa-masa sulit, usahakan untuk tetap merasa cukup dengan selalu bersyukur kepada Allah SWT. Salah satu wujud rasa syukur tersebut dapat kita cerminkan melalui sedekah.

Sedekah sendiri merupakan salah satu amalan yang sangat disukai oleh Allah SWT, apalagi jika ditunaikan di masa-masa sulit. Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah dan ‘Abdullah bin Hubsyi Al Khots’ami’, bahwa Nabi Muhammad SAW pernah ditanya sedekah mana yang paling utama, kemudian beliau menjawab:

Sedekah dari orang yang serba kekurangan.” (HR. An Nasai no.2526)

Di bawah ini, penulis telah merangkum sederet keajaiban yang dapat kita rasakan apabila kita menunaikan sedekah di masa sulit. Apa saja kira-kira? Berikut selengkapnya.

1. Diganjar dengan pahala yang besar

Bersedekah mungkin akan terasa berat apabila ditunaikan saat kita berada di masa sulit. Oleh karenanya, tentu saja ada pahala besar menanti untuk setiap umat yang melaksanakannya.

Sebagaimana hadits yang telah disebutkan di atas bahwasanya sedekah paling utama adalah sedekah dari orang yang serba kurang.

2. Mengampuni dosa

Sejatinya manusia kerap tak sadar sudah berapa banyak kekhilafan yang mereka lakukan. Oleh karenanya manusia harus senantiasa memohon ampunan pada Allah SWT. Masa-masa sulit yang menerpa, boleh jadi merupakan sebuah teguran atas dosa yang selama kita lakukan.

Oleh sebab itu, perbanyaklah bersedekah karena sedekah dapat mengurangi dosa kita. Rasulullah SAW bersabda:


Sedekah akan menghapus dosa sebagaimana air dapat mematikan api.”
(HR.Ibnu Majah Nomor 4200)

3. Memberikan kelapangan dan Membuka jalan kemudahan

Saat berada di masa sulit, kita cenderung tidak memiliki banyak pilihan. Opsi penyelesaian masalah terlalu sempit, sehingga kerap membuat kita kelabakan dengan keadaan. Jangan kira, pada masa tersebut tidak ada solusinya. Selama kita tetap mengharap ridha Allah SWT dan berserah diri, pintu keluar pasti dapat akan kita temukan.

Salah satu cara untuk menemukan kelapangan dan pintu keluar tersebut tentu saja dengan bersedekah. Dengan memberikan sedekah pada orang lain, ini artinya kamu sudah membantu kesulitan orang tersebut dan kelak kamu akan mendapatkan bantuan dari Allah SWT. Seperti apa yang dikatakan Rasulullah SAW:

 “Barang siapa yang melepaskan satu kesusahan seorang mukmin, pasti Allah akan melepaskan darinya satu kesusahan pada hari kiamat. Barang siapa yang menjadikan mudah urusan orang lain, pasti Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat….” (HR Muslim, Hadits Arba’in An Nawawi ke 36).

Baca Juga : 5 Keajaiban Sedekah Ketika Sedang Masa Sulit

4. Memberikan keberkahan dan menambah nikmat

Sedekah merupakan salah satu bentuk rasa syukur seorang hamba atas apa yang diberikan Allah SWT padanya. Jangan pernah punya anggapan bahwa sedekah akan mengurangi harta. Justru sebaliknya, sedekah akan memberikan keberkahan pada harta dan menambah nikmat pada hidup. Sebagaimana janji Allah dalam Al-Qur’an surat Ibrahim ayat 7.

“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.

5. Sedekah kecil yang dilakukan di masa sulit lebih baik di mata Allah

Dewasa kini kita sering melihat orang-orang berkecukupan yang menunaikan sedekah dan membagikannya melalui media sosial milik mereka. Jumlah yang mereka sedekahkan pun kebanyakan dalam jumlah yang fantastis dan mampu mengundang decak kagum. Apabila kamu berpikir untuk menunggu kaya raya agar dapat bersedekah dalam jumlah besar seperti mereka, maka hilangkanlah pikiranmu tersebut.

Karena rupanya, sedekah kecil yang dilakukan di masa sulit lebih baik di mata-Nya. Allah SWT sangat senang melihat umatnya yang rela mengorbankan sejumlah harta yang ia miliki meski dirinya sendiri tengah berada di situasi yang serba kurang. Rasullah SAW pun bersabda bahwa “1 dirham lebih baik dari 1000 dirham.”

Tidak perlu menunggu waktu yang tepat untuk bersedekah, sebab niat baik harus kita segerakan. Jangan sampai kita terlambat menunaikan niat baik tersebut. Jadi, walaupun tengah berada di masa sulit, tetap tunaikan sedekah sahabat, ya!

Referensi:

https://www.republika.co.id/berita/qmff1i318/jangan-sepelekan-kekuatan-sedekah-di-masa-sulit
https://infakyatim.id/inspirasi/berinfak-di-waktu-susah
https://kalam.sindonews.com/read/412360/72/keistimewaan-sedekah-di-waktu-susah-1619661869
https://islamkita.co/sedekah-saat-susah/
https://ykbik.or.id/keajaiban-sedekah-di-saat-sulit/
https://www.mabifoundation.or.id/article/sedekah-dapat-membuat-yang-sulit-menjadi-mudah
https://www.republika.co.id/berita/ql5dwe430/keutamaan-menolong-dan-memudahkan-urusan-orang-lain#:~:text=Barang%20siapa%20yang%20menjadikan%20mudah,Nya%20itu%20suka%20menolong%20saudaranya%E2%80%9D.
https://griyayatim.com/mensyukuri-nikmat-dengan-bersedekah/