Kurban

Tips Mencari Kurban Online yang Aman dan Terpercaya

tips kurban aman dan terpercaya

Era digital ini dapat mempermudah kita untuk melakukan ibadah kurban. Kok, bisa? Karena dengan banyaknya platform dan juga situs online yang menyediakan jasa kurban, sahabat tidak akan kesulitan lagi untuk berkurban. Sahabat bisa melakukan kurban yang jauh dari tempat tinggal, tanpa harus pergi ke lokasi tersebut. Semua bisa dilakukan melalui internet.

Akan tetapi, tantangan yang harus sahabat hadapi adalah bagaimana mencari kurban online yang aman dan terpercaya. Nah, untuk memudahkan para sahabat, maka di tulisan ini akan diuraikan tips mencari kurban online yang aman dan terpercaya.

Tapi sebelum itu, ada baiknya saudara mengetahui syarat-syarat hewan kurban terlebih dahulu, agar memudahkan proses pemilihan hewan ternak yang akan dikurbankan.

Syarat Hewan Kurban

Di artikel sebelumnya sudah dijelaskan mengenai syarat hewan ternak yang harus dipenuhi jika ingin dikurbankan. Namun, pada artikel ini akan dibahas secara singkat terlebih dahulu untuk kenyamanan membaca para sahabat. Setidaknya ada dua syarat hewan yang boleh dijadikan hewan kurban. Syarat tersebut adalah:

1. Hewan kurban adalah hewan ternak.

Jadi, tidak semua hewan boleh dijadikan hewan kurban. Seperti firman Allah SWT yaitu:

 وَلِكُلِّ أُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنْسَكًا لِيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ عَلَى مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيمَةِ الْأَنْعَامِ


Artinya: “Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka.” (QS. Al-Hajj: 34)

Sehingga, hewan yang boleh dijadikan sebagai kurban ialah hewan ternak. Hewan ternak yang menderita PMK pada umumnya adalah ruminansia atau pemamah biak. Contohnya ialah unta, sapi, kambing, ataupun domba.

2. Sudah memasuki usia.

Setelah mengetahui bahwa hewan yang boleh disembelih ialah ternak, sahabat harus pula mengetahui kalau tidak semua hewan ternak bisa disembelih.  Adapun hewan ternak yang boleh disembelih ialah hewan ternak yang sudah memasuki usia kurban mereka. 

Usia kurban setiap hewan ternak juga berbeda-beda, misalnya:

  • Unta minimal berusia 5 tahun menuju 6 tahun.
  • Domba dan biri-biri, berusia 6 bulan hingga 1 tahun
  • Kambing minimal berusia 1 tahun menuju 2 tahun.
  • Sapi minimal berusia 2 tahun menuju 3 tahun. 

3. Sehat dan terhindar dari penyakit

Perlu sahabat ketahui, bahwa hewan ternak pun memiliki beberapa penyakit yang dapat merugikan. Beberapa penyakit itu diantaranya PMK, infeksi cacing hati, dan anthrax.

Beberapa penyakit ini dapat menulari hewan ternak lainnya, dan paling parah menularkan ke manusia. Jadi, pandai-pandailah memilih dan memastikan hewan ternak sudah aman dan terbebas dari penyakit. 

Satu hal lagi, ternyata kurban online ini mampu mencegah penularan beberapa penyakit, lho! Kurban online dapat membatasi pertemuan antar hewan ternak dan juga manusia, sehingga penularan melalui virus dapat dicegah.

Tips melakukan kurban online

Sebelum sahabat memilih untuk menunaikan ibadah kurban menggunakan platform online, ada baiknya sahabat mengetahui tips-tips yang perlu disiapkan dan pertimbangkan terlebih dahulu.  Dilansir dari artikel kompas dan republika. Beberapa tips yang bisa sahabat lakukan ialah:

1. Cross check hewan kurban telah sesuai syarat

Sahabat, ini adalah hal paling penting dalam membeli hewan kurban. Syarat suatu hewan kurban seperti yang telah diuraikan di atas haruslah terpenuhi. Tak lupa juga, pastikan hewan ternak tersebut dalam kondisi sehat. Setelah sahabat memastikan hewan aman dan memenuhi syariat, sahabat bisa melanjutkan transaksi tersebut.

2. Pilihlah hewan kurban sesuai budget masing-masing

Hal yang tak kalah pentingnya dari kondisi hewan kurban yang memenuhi syariat ialah pemilihan hewan ternak harus disesuaikan dengan budget sahabat. Jangan sampai, pemilihan yang tidak memperkirakan budget menghambat kebutuhan hidup sahabat, lho. Jadi, perkiraan budget sahabat terlebih dahulu, ya!

3. Perhatikan syarat pembelian hewan kurban

Sebelumnya, sahabat bisa mengecek rincian serta profil hewan kurban yanghendak dibeli. Hal ini berguna untuk mengetahui apakah hewan tersebtu akan didistribusikan ke daerah tertentu, atau disekitar rumah sahabat sendiri. sahabat juga harus memastikan apakah distribusi tersebut akan dilaporkan secara berkala perkembangannya, dan bagaimana pertanggungjawabannya nanti. 

4. Pilih metode pembayaran sesuai keinginan

Sahabat harus menentukan bagaimana proses pembayaran ingin dilakukan. Apakah melalui online seperti mobile banking, debit, dan lain sebagainya. 

5. Pastikan status kurban dan konfirmasi dari pihak situs online

Sahabat, jangan lupa untuk follow-up dan meminta konfirmasi kegiatan kurban dari situs online yang telah Sahabat pilih.

Bagaimana Cara Memilih Situs Online Terpercaya?

Hal ini mungkin menjadi permasalahan paling umum bagi sahabat yang ingin kurban secara online. Tips yang bisa diberikan setelah dirangkum dari dua artikel referensi sebelumnya ialah cek terlebih dahulu profil situs online tersebut. Sahabat bisa mengecek satu per satu situs online yang menjadi target, dan perhatikan pelayanan terhadap pembeli. Selain itu, tips paling utama ialah memilih situs resmi yang sudah melayani kurban online cukup lama.

Nah, itu tadi tips mencari kurban online yang aman dan terpercaya. Tadi sudah disebutkan juga kalau hal yang paling penting ialah memilih situ online terpercaya. Sahabat, Insan Bumi Mandiri menyediakan jasa untuk yang ingin melakukan ibadah kurban secara online. Insha Allah, kurban melalui jasa kami akan amanah. Untuk berkurban, sahabat bisa klik link berikut:

Referensi:

https://money.kompas.com/read/2021/07/15/191702826/5-tips-kurban-secara-online-di-tengah-ppkm-darurat?page=all

https://www.republika.co.id/berita/qwhq5w423/6-tips-beli-hewan-qurban-online-praktis-dan-aman

https://islam.nu.or.id/syariah/syarat-syarat-sah-qurban-i-Z2THX