Kesehatan

7 Cara Untuk Beristirahat (Mengenal Perbedaan Istirahat dengan Tidur Biasa)

Pernahkah Anda sudah tidur cukup (6-8 jam sehari), tapi saat terbangun dari tidur Anda merasa masih saja mengalami kelelahan. Bisa jadi Anda belum beristirahat secara penuh dan hanya secara fisik saja. Padahal yang selama ini Anda alami itu, bukanlah kelelahan fisik melainkan mental.

Berkaitan dengan hal tersebut, di masa pandemi seperti sekarang orang disarankan untuk tetap bahagia dan juga senang agar imun tubuhnya meningkat. Termasuk saat Anda menonton film, perasaan bahagia tersebut tentu bisa meningkatkan imunitas tubuh dan menurunkan risiko terpapar dari virus covid-19.

Memang belum ada studi yang menjelaskan hubungan menonton film (apalagi bioskop) dengan penurunan angka penularan covid-19. Tapi hubungan kesehatan dan kebahagiaan secara umum pernah dijelaskan dalam sebuah penelitian yang dikeluarkan pada tahun 2017.

Studi yang dilakukan oleh Applied Psychology: Health and Well-Being menegaskan ‘hampir tidak diragukan lagi’ bahwa kebahagiaan benar-benar dapat mempengaruhi kesehatan.

Pada saat seseorang bahagia maka ia cenderung akan lebih memperhatikan diri mereka dan memilih untuk melakukan beberapa kebiasaan sehat seperti berolahraga, makan dengan baik, tidur yang cukup dan juga menjauhi perilaku tidak sehat.

Tak hanya itu, ada bukti yang menyatakan juga bahwa kebahagiaan akan berefek menguntungkan pada sistem kardiovaskular dan kekebalan tubuh, berpengaruh terhadap hormon dan mencegah peradangan serta penyembuhan luka.

Baca Juga: 6 Herbal yang Terbukti Ampuh Meningkatkan Imun

Kelelahan Mental

Berkaitan dengan hal tersebut, begitu banyak terdengar mereka yang mengalami gangguan fisik dikarenakan mental yang lelah. Misalnya pada penderita depresi, keadaan mental yang tidak stabil turut serta dalam mempengaruhi kondisi fisik.

Perubahan kondisi fisik yang biasanya terjadi seperti sakit punggung dan leher, sakit kepala, perut, kulit kering, hingga menyebabkan berat badan yang tidak stabil. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kondisi agar tetap stabil baik dari segi fisik, mental, spiritual, dan lainnya melalui istirahat.

7 Jenis Istirahat yang Dibutuhkan Setiap Orang

Menurut Saundra Dalton-Smith tidur hanya salah satu bagian dari istirahat secara keseluruhan. Lebih dari itu, manusia memerlukan istirahat lain seperti fisik, mental, emosional, spiritual, sosial, sensori, dan juga kreatif.

Ke-7 istirahat tersebut saling melengkapi satu sama lain dan juga mempengaruhi. Misalkan apabila seseorang sedang terganggu secara sosial, misalnya ia dikelilingi oleh lingkungan yang toxic maka lama kelamaan hal tersebut akan mempengaruhi kondisi mental dan juga psikisnya. Lebih jauh lagi, bahkan bisa juga mengakibatkan perubahan kondisi fisik juga. Berikut ulasannya:

  1. Istirahat Fisik

Saat Anda terlalu lelah dengan semua aktivitas yang sudah dijalani biasanya akan melakukan istirahat. Tidur merupakan salah satunya, baik itu tidur siang maupun malam dan bagian dari aktivitas istirahat fisik secara pasif. 

Sementara itu untuk istirahat fisik secara aktif adalah aktivitas yang bertujuan untuk meningkatkan sirkulasi darah dan kelenturan tubuh, seperti melakukan yoga, memijat dan juga peregangan (stretching).

  1. Istirahat Mental

Saat Anda merasa terlalu lelah dengan semua hal, atau mengalami beberapa kejadian yang membuat mental sedikit terusik. Tak ada salahnya untuk melakukan istirahat ini.

Untuk mendapatkan jenis istirahat ini biasakan setiap 2 jam sekali (selama jam kerja) melakukan istirahat sederhana seperti berdiri dari tempat duduk atau berjalan ke ruangan lain.

Ya, hal tersebut terdengar mudah bukan? Dan tentunya bisa membuat mental Anda jauh lebih baik.

  1. Istirahat Sensorik

Hampir setiap hari kita menggunakan panca indera kita untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Seperti melihat, mendengar, dan juga merasakan sentuhan.

Anda bisa melakukan hal seperti menutup mata selama satu menit di tengah aktivitas yang sedang dijalani, mematikan radio saat sedang diperjalanan dan menikmati setiap menit dalam hidup.

Selain itu, saat di penghujung hari Anda juga bisa mematikan alat elektronik yang biasanya Anda gunakan maupun mencoba untuk sejenak berhenti bermain media sosial.

  1. Istirahat Kreatif

Untuk yang satu ini bagi Anda yang ingin selalu terinspirasi dan juga menjadi diri yang lebih kreatif. Anda bisa memulainya dengan melihat-lihat desain di beberapa platform. 

Tak hanya itu, Anda juga bisa melihat hal-hal yang membuat Anda kagum seperti gambar pemandangan, quotes atau benda seni rupa.

  1. Istirahat Emosional

Sebagai manusia tentu Anda membutuhkan sebuah ruang untuk mengekspresikan perasaan Anda dengan bebas. Dan istirahat ini merupakan salah satu solusinya.

Untuk menjalankannya Sahabat membutuhkan keberanian untuk menjadi diri Sahabat sepenuhnya serta apa adanya. Jauh dari prasangka maupun penilaian dari orang lain.

  1. Istirahat Sosial

Untuk menjalani istirahat jenis ini, kelilingilah diri Anda dengan orang-orang yang suportif. Meskipun saat ini interaksi yang Anda jalani terjadi secara virtual, bukan dengan tatap muka langsung. Anda dapat memilih untuk terlihat sepenuhnya dengan menyalakan kamera.

Berfokuslah dengan siapa Sahabat sedang berbicara. Misal saat ini Anda dengan merantau dan jauh dari keluarga maupun teman terdekat, dengan fitur video call yang ada di zoom Anda bisa saling bertukar cerita dan bertatap muka secara virtual dengan mereka.

  1. Istirahat Spiritual

Melakuan kegiatan volunteer merupakan salah satu dari jenis istirahat spiritual. Selain itu bisa juga didapatkan dari sesuatu yang lebih besar, seperti berdo’a, berdzikir dan mendekatkan diri dengan sang pencipta.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Surat Ar-Rad ayat 28:

الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَتَطْمَىِٕنُّ قُلُوْبُهُمْ بِذِكْرِ اللّٰهِ ۗ اَلَا بِذِكْرِ اللّٰهِ تَطْمَىِٕنُّ الْقُلُوْبُ ۗ

(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram (QS Ar-Rad:28).

Selain itu Anda juga bisa membaca Alquran agar hati lebih tenang dan berdo’a agar dijauhkan dari kegalaua,kegelisahan dan juga kebingungan dalam hidup.

Baca Juga: 5 Gejala Baru Virus Corona yang Wajib Diketahui

Tak hanya itu ternyata dengan berdonasi juga bisa membuat seseorang semakin bersyukur dan juga mendapatkan kebahagiaan secara lahir dan juga batin.

Sahabat, demikian sedikit penjelasan mengenai 7 jenis istirahat ini. Saat ini imun tubuh begitu sangat penting dalam mencegah diri agar kuat terhadap paparan virus corona. Tak hanya itu, Anda juga meningkatkan proteksi diri dengan cara tetap menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan juga menjaga jarak saat sedang berada di keramaian. Semoga sehat selalu.