Kesehatan

5 Rekomendasi Olahraga Alternatif Bagi Anda yang Memiliki Jadwal Padat

olahraga alternatif bagi orang sibuk

Olahraga jadi salah satu kegiatan yang masif dilakukan. Sebab di masa pandemi, anjuran menjaga kesehatan semakin digawangkan oleh banyak orang.

Namun, ada saja orang yang tak bisa meluangkan waktu di tengah kesibukannya. Bisa karena jam kerja yang padat, atau karena ada prioritas aktivitas lainnya.

Sahabat, berikut 5 olahraga alternatif yang bisa dilakukan bagi Anda yang sudah terlalu sibuk dengan pekerjaanya.

1. Workout

Kata lain dari workout adalah latihan fisik, yaitu aktivitas yang dilakukan oleh seseorang untuk memelihara kebugaran tubuh. Aktivitas workout kini sudah menjadi gaya hidup baru bagi kebanyakan orang. Khususnya bagi para milenial yang sudah sangat sibuk dengan pekerjaannya.

Setiap orang tentunya memiliki tujuan yang berbeda-beda dalam menjalani workout ini. Ada yang memang melakukannya karena ingin mendapatkan tubuh yang ideal, ada juga yang memang melakukan workout hanya sekedar untuk menjaga kesehatan tubuh.

Olahraga workout pun termasuk olahraga yang murah. Anda bisa melakukan latihan sederhana seperti melakukan push-up, sit up atau bahkan jika anda memiliki uang lebih bisa pergi ke gym agar bisa didampingi oleh seorang instruktur.

Baca Juga: 7 Cara Untuk Beristirahat dan Bedanya dengan Tidur Biasa

2. Bersepeda

Tidak perlu menyewa pelatih khusus ataupun menghabiskan uang dengan pergi ke gym. Ansa bisa melakukan aktivitas fisik atau olahraga dengan cara yang mudah dan juga murah. Salah satunya adalah dengan bersepeda.

Rutin bersepeda merupakan salah satu solusi terbaik untuk mengurangi gaya hidup pasif. Selain itu, olahraga ini juga bisa dilakukan oleh berbagai umur dan usia serta menjadi sarana rekreasi untuk menyegarkan pikiran.

Anda bisa melakukan olahraga ini di pagi hari sebelum berangkat kerja sambil membeli sarapan maupun di hari minggu bersama dengan keluarga atau kawan tercinta pada saat ada event car free day.

3. Lari Pagi

Lari merupakan salah satu olahraga yang paling murah di dunia. Bayangkan, Anda hanya cukup mengeluarkan modal berupa sepatu untuk bergerak selama seharian. Bahkan, bisa juga berlari tanpa menggunakan sepatu. Tentunya itu akan semakin murah bukan?

Melakukan olahraga lari dengan rutin bisa membuat jantung kita sehat, mengatasi hipertensi, membuat paru-paru sehat, pernafasan sehat dan juga membuat tulang menjadi lebih padat. Sehingga terhindar dari risiko osteoporosis.

Bagi Anda yang belum terbiasa dengan olahraga ini mungkin bisa memulainya dengan berjalan kaki ataupun lari-lari kecil sambil secara bertahap menambah jarak tempuh.

Baca Juga: 6 Herbal yang Terbukti Ampuh Meningkatkan Imun

4. Renang

Renang adalah cara terbaik untuk bersantai dan juga memperbaiki mood. Olahraga berenang disebut mampu membuat seseorang melepaskan hormon endorfin yang bisa memicu perasaan positif serta bisa meredakan stress.

Renang bagus untuk membuat tubuh lebih bugar dan sehat. Para peneliti juga mengatakan bahwa berenang membantu menurunkan resiko kematian. Selain itu, berenang juga dapat meningkatkan detak jantung dan menjaga kesehatan paru-paru.

5. Yoga dan Meditasi

Pernahkah Anda merasa lelah dan stress setelah seharian bekerja? Atau merasa kurang fokus karena terlalu banyak hal yang dipikirkan? Nah, meditasi mungkin bisa menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang memilih untuk berkegiatan di rumah saja.

Cukup siapkan matras atau bahkan langsung di lantai juga bisa. Tarik nafas perlahan dan lakukan selama beberapa menit. Kemudian tenangkan pikiran.

Belakangan yoga menjadi salah satu olahraga yang diminati oleh kalangan muda hingga dewasa. Jika sebelumnya yoga lebih sering dikenal sebagai olahraga meditasi, saat ini yoga dipercaya mampu membakar kalori serta mencegah penyakit jantung, sendi dan juga bisa melawan stress.

Apakah dengan Berolahraga Mampu Membuat Seseorang Bahagia?

Setiap orang pasti menginginkan hidup yang sehat dan bahagia. Tentunya, menjalani aktivitas fisik maupun olahraga bisa menjadi selingan di tengah kesibukan kita bekerja. Selain bisa menjaga kebugaran jasmani, Olahraga juga dipercaya bisa menjadi salah satu sarana rekreasi bagi beberapa orang. Dengan terlepasnya beberapa hormon seperti dopamin, oksitosin maupun serotonin bisa membuat kita lebih tenang dan nyaman. Termasuk, bisa juga menjaga kesehatan mental.

Sayangnya, masih ada beberapa dari saudara kita yang memiliki keterbatasan untuk melakukan beragam kegiatan, termasuk olahraga. Saat ini mereka sedang berjuang melawan penyakit yang dialaminya.

Setelah berolahraga, Anda mungkin bisa menyisihkan waktu untuk membaca cerita mereka di sini.

bersama bantu mereka yang sedang mengalami kesulitan dalam hidup