Tentang IBM

10 Manfaat Puasa Senin-Kamis

Puasa Senin-Kamis merupakan salah satu amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Dalam salah satu riwayat, beliau bersabda bahwa pintu-pintu surga dibuka pada kedua hari ini. 

Orang yang rajin berpuasa akan memasuki pintu surga khusus bernama Ar-Rayyan. Pintu tersebut tidak akan dimasuki kecuali oleh orang yang suka berpuasa.

Puasa Senin Kamis

Nah, Sahabat. Ternyata dibalik keutamaannya yang luar biasa, puasa Senin-Kamis bermanfaat juga loh untuk kehidupan kita. Apa saja manfaatnya? Yuk kita simak 10 manfaat puasa Senin-Kamis berikut ini :

1.    Meningkatkan Kedisiplinan

menjadi pribadi yang lebih disiplin

Berpuasa setiap hari Senin dan Kamis dapat membuat Sahabat lebih disiplin dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

Sahabat dituntut untuk bangun lebih pagi, menyiapkan sahur, dan mengerjakan pekerjaan lebih cepat dari biasanya. Berpuasa juga dapat menahan Sahabat untuk melakukan sesuatu yang tidak perlu.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Rasa Malas dan Menjadi Orang yang Disiplin

2.    Menurunkan Berat Badan

membantu dalam menurunkan berat badan

Memiliki tubuh ideal adalah dambaan setiap orang. Berpuasa dapat membantu menurunkan berat badan.
Selama berpuasa, Sahabat akan mengonsumsi makanan sehat semacam buah dan sayur sehingga kalori di tubuh jadi berkurang. Namun, harus dilakukan secara teratur ya supaya hal ini bisa terwujud.

3.    Menurunkan Kolesterol

menurunkan kolesterol
Membantu dalam menurunkan kolesterol.

Jika Sahabat memiliki masalah dengan kolesterol, puasa Senin-Kamis bisa menjadi solusi. Berpuasa secara rutin dapat membantu menurunkan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh.

Oleh karena itu banyak dokter menyarankan pasien yang terserang penyakit ini untuk berpuasa.

4. Tidur Lebih Nyenyak

Berpuasa Senin-Kamis dapat membuat pola makan Sahabat lebih teratur. Sahabat bisa makan malam lebih awal daripada yang biasa orang-orang lakukan.

Hal ini membuat lambung punya lebih banyak waktu untuk mencerna makanan. Saat tidur nanti, perut tidak begah dan akan terasa lebih ringan.  

5. Pola Hidup Lebih Teratur

pola hidup menjadi ;lebih teratur
Pola hidup menjadi lebih teratur

Berpuasa Senin-Kamis secara rutin bisa membantu kita  memiliki pola hidup yang menjadi lebih sehat dan lebih teratur. Karena dari berpuasa, kita diajarkan untuk tepat waktu. Waktu sahur harus tepat, waktu berbuka juga harus tepat.

6. Mencegah Alzheimer

membantu mencegah penyakit alzheimer

Gangguan otak yang umum terjadi adalah Alzheimer. Belum ada obat yang terbukti bisa menyembuhkan penyakit ini. Cara satu-satunya adalah dengan mencegahnya.

Penelitian menyebutkan jika berpuasa secara rutin dapat menurunkan resiko terkena Alzheimer.

7. Mencegah Terjadinya Kanker

mencegah terjadinya kanker
Mencegah terjadinya penyakit kanker.

Kanker menjadi salah satu penyakit yang berbahaya dan ditakuti banyak orang. Rajin berpuasa Senin-Kamis dapat meredakan peradangan serta mengendalikan kadar insulin dalam tubuh.

2 hal itu adalah faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya sel kanker dalam tubuh manusia.

Baca Juga : Perbedaan Tumor dan Kanker serta Apa yang Dirasakan oleh Pasiennya

8. Mencegah Perbuatan Buruk

mencegah dari perbuatan buruk
Mencegah diri dari perbuatan buruk.

Berpuasa tidak hanya menahan seseorang untuk makan dan minum. Lebih dari itu, berpuasa juga mencegah agar tidak melakukan perbuatan buruk seperti marah, dengki, iri hati, berkata kasar, dan lain sebagainya.

9.    Menurunkan Tekanan Darah

menurunkan tekanan darah
Menurunkan tekanan darah.

Ketika rutin berpuasa, tekanan darah Sahabat akan cenderung turun.  Tekanan darah akan kembali naik setelah Sahabat berbuka. 
Namun jika ingin tetap mempertahankannya agar tetap stabil, jangan mengonsumsi makanan yang dapat memicu darah tinggi.

10.    Meremajakan Sel-Sel Kulit

membantu peremajaan sel-sel kulitku
Meremajakan sel-sel kulit.

Sel-sel dalam kulit manusia perlu terus diganti agar tidak cepat menua. Saat berpuasa metabolisme akan berhenti dan menyebabkan sel-sel tubuh bisa bekerja lebih aktif lagi.Selain itu, manfaat puasa Senin-Kamis juga bisa membuat kulit lebih kencang dan sehat.

Wah, ternyata banyak sekali ya Sahabat manfaat puasa Senin-Kamis yang bisa kita dapatkan. Yuk mulai sekarang kita meniatkan diri untuk mulai berpuasa!

Sahabat, ternyata di pedalaman sana ada yang berpuasa bukan karena ingin, tapi karena mereka tidak bisa membeli makan. Bantu mereka di sini.

bantu saudara di pedalaman indonesia